Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pilih Mana, Domain .COM ataukah Domain .ID?

pilih domain .COM atau .ID

Secara prinsip antara domain .COM atau .ID keduanya memiliki fungsi dan manfaat yang sama layaknya domain pada umumnya. Hanya saja ke dua domain ini menjadi domain yang cukup populer dan diminati banyak orang.

Makanya blogger pemula khususnya di Indonesia banyak yang dilema hendak memilih ngeblog menggunakan domain .COM atau menggunakan domain .ID saja.

Bagaimanapun ketika Anda ngeblog dan menggunakan domain premium atau TLD maka itu adalah langkah awal yang menunjukkan bahwa Anda benar-benar ingin serius ngeblog. Sebab untuk mendapatkan domain premium tidak jarang harus didapatkan dengan membelinya melalui layanan web hosting.

Makanya ketika pertanyaan ini muncul. Hendak ngeblog menggunakan domain premium bagusnya memilih domain .COM atau .ID?

Saya tidak memiliki jawaban mutlak untuk langsung menjawabnya. Bahwa domain inilah yang paling bagus dan sangat direkomendasikan.

Berdasarkan hal tersebut! Maka untuk memutuskan memilih domain mana yang sebaiknya akan digunakan? Anda sendirilah yang harus menentukannya.

Tulisan berikut ini mungkin hanya akan menggambarkan peran dan karakter dan perbedaan dasar antara domain .COM dan .ID sehingga Anda bisa mengambil keputusan secara mandiri.

Mengenal Domain .COM dan Domain .ID

Jika dilihat-lihat kembali Domain .COM maupun .ID sebenarnya adalah dua domain yang cukup populer. Terutama domain ID pada awal tahun 2019 oleh pengguna di Indonesia.

Sementara domain .COM (dot com) adalah salah satu domain populer dikarenakan merupakan domain yang paling banyak digunakan di dunia. Bahkan menjadi sebuah domain yang lebih dikenal banyak orang ketimbang domain .ID (dot id)

Hal ini dikarenakan antara domain .com dan domain .id memiliki perbedaan dasar berikut:

1. Popularitas Domain

Domain .COM merupakan domain yang sudah lama muncul dan rata-rata digunakan sebagai domain TLD internasional. Sementara domain .ID umumnya mulai populer akhir-akhir ini dan rata-rata penggunanya adalah orang-orang atau pelaku IT, pelaku usaha dan bisnis online di Indonesia.

Penggunaan domain .COM merupakan ekstensi yang paling banyak digunakan di dunia ketimbang domain .ID, sebab penggunanya berlaku internasional dan digunakan di banyak negara. Sementara domain .ID hanya digunakan di wilayah negara tertentu yaitu dikhususkan sebagai domain TLD Indonesia.

Saking populernya domain .COM (Internasional) salah satu tombol Qwerty di smartphone atau ponsel tersedia tombol khusus ".COM" yang memudahkan penggunanya mudah menulis situs yang beralamatkan di domain .COM di browser.

2. Kecepatan Domain

Mungkin tak bisa dibandingkan kecepatan akses antara domain .COM maupun domain .ID. Keduanya merupakan dua ekstensi domain populer yang tentunya sudah sangat terpercaya dan tentunya sama di mata mesin pencari.

So, jika pertanyaannya adalah mana dari kedua domain tersebut yang memiliki keunggulan dalam kecepatan pemuatan halaman situs? Maka jika domain tersebut diakses dari dalam negeri, salah satu artikel online yang diterbitkan techno kompas.com domain .id dipercaya lebih cepat.

Alasannya domain .ID mampu mempercepat akses sebuah situs dikarenakan domain name Server-nya (DNS) berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi (Penyedia Domain TLD Indonesia). Sehingga jika ada komputer atau ponsel yang mengakses domain .ID maka prosesnya akan lebih cepat bila penggunanya berada di Indonesia.

Bahkan saat ini demi meningkatkan kecepatan domain .ID, Pandi berencana memasang server DNS domain .ID di China sehingga hal ini dapat membuat pengguna di Amerika Serikat atau di Eropa bisa mengakses situs web yang memakai domain .ID dengan lebih cepat.

Selain itu bidang lain yang mempengaruhi kecepatan pemuatan halaman situs web. Dapat juga dipengaruhi oleh penggunaan hosting web tersebut apakah disimpan pada server dalam Negeri atau server luar negeri.

3. SEO Domain

Untuk persoalan ini, baik antara domain .COM maupun domain .ID keduanya memiliki tingkat popularitas yang cukup teruji di mata mesin pencari seperti google. Oleh karenanya bisa dibilang ke dua domain TLD ini dua-dua nya memiliki sisi yang bagus jika berbicara soal SEO.

Berdasarkan ulasan online yang dibagikan Dewaweb penggunaan domain .ID akan sangat diprioritaskan unggul di pencarian dan hasil penelusuran google oleh pengguna Indonesia.

Namun berdasarkan pengamatan banyak pelaku IT di Indonesia hal tersebut berlaku apabila pengunjung melakukan penelusuran situs melalui google.co.id (Google Indonesia). Sementara jika ditelusuri melalui google.com maka hasilnya lebih cenderung diprioritaskan untuk domain .COM (TLD Internasional).

Sementara itu jika melihat pengguna internet di Indonesia umumnya masih banyak yang mengakses google melalui google.com. Sehingga popularitas domain .com masih tetap terjamin di mesin pencari.

Bahkan melalui penelusuran google.co.id sekalipun domain .com masih memiliki popularitas yang baik. Hal ini dikarenakan domain TLD ini adalah domain yang dikhususkan untuk skala internasional tidak terbatas di wilayah negara tertentu saja.

Artinya jika Anda mencari pengunjung blog atau situs web dari Indonesia dan pengguna Indonesia memang lebih baik menggunakan domain .id sementara bila Anda ingin mendapatkan pengunjung secara Internasional maka penggunaan domain .com juga tepat untuk Anda gunakan.

Sebab secara spesifik sisi SEO ke dua domain ini di mata mesin pencari seperti google adalah dua hal yang cukup bagus. Semua tergantung target lokasi pengunjung yang Anda inginkan.

4. Harga Domain

Harga domain cukup bervariasi. Domain .COM dapat dijual dengan harga mulai Rp 90.000 setiap satu tahun bila saat promo. Harga normal terkadang bisa mencapai Rp 120.000 - Rp 150.000,-. Setiap layanan domain dan hosting cenderung memiliki harga yang terkadang berbeda-beda.

Sementara itu, harga domain .ID dijual di atas Rp 200.000,- untuk setiap langganan masa aktif satu tahun. Ini artinya harga domain .COM dan domain .ID masih cukup terjangkau.

Sementara itu, penggunaan domain .COM dari sisi SEO pun terbilang masih terpercaya. Makanya saat ini pun masih banyak situs web Indonesia yang menggunakan domain .com sejuta umat ini. (Pendapat ini bersifat personal bukan untuk menyarankan Anda apa yang terbaik)

Sempat tiga hari lalu saya akan membeli sebuah domain .id karena berada di kisaran harga 100.000-an pada salah satu Web Hosting di Indonesia. Ketika saya tanya tentang harga perpanjangan domain .id tersebut apakah sama dengan harga pembelian awalnya? Jawabannya sama saja.

Tetapi beberapa percakapan kemudian disampaikan bahwa harga tersebut adalah harga yang dipromosi.

Berdasar pada hal tersebut saya menjadi ragu kalau-kalau perpanjangannya nanti ternyata lebih besar daripada harga di awal pembeliannya.

5. Pengguna Domain

Sudah dijelaskan sebelumnya pada beberapa poin di atas bahwa baik domain .com maupun domain .id memiliki sisi SEO yang bagus namun penggunaan nya berdasarkan letak wilayah.

Jika domain .id sangat disarankan untuk digunakan oleh pelaku IT yang membutuhkan pengunjung dalam negeri lebih besar daripada pengunjung luar negeri, maka domain .com digunakan banyak orang di berbagai belahan dunia. Karena penggunaan domain .com tidak dikhususkan pada negara tertentu saja, sehingga dapat menjangkau user atau pengunjung yang lebih luas.

6. Persyaratan Domain

Domain .id memiliki persyaratan mendasar bahwa setiap penggunanya harus melakukan verifikasi Identitas menggunakan KTP Indonesia. Sementara ekstensi domain Indonesia lainnya juga mewajibkan verifikasi Identitas KTP, namun ditambah dengan surat-surat penting lainnya. Hal ini dilakukan untuk mengontrol penggunaan domain Indonesia ke arah yang lebih baik makanya regulasi tersebut dibuat.

Sehingga jika domain Indonesia digunakan untuk membuat website yang menyebarkan hoax dan memancing isu SARA dan provokatif serta berisi informasi sensitif dan terlarang?. Maka Domain-domain tersebut dengan mudah dinonaktifkan oleh Pandi (Penyedia Domain TLD Indonesia) dan pelakunya mudah ditemukan.

Sementara domain .com penggunaannya lebih bebas dan tidak ada persyaratan mendasar yang dibutuhkan untuk melakukan verifikasi Identitas.

Saran-Saran

Sebelum menutup tulisan ini saya menyempatkan diri untuk memberi saran dan pertimbangan kepada Anda yang hendak memutuskan menggunakan domain .com atau domain .id?

  1. Jika hendak memilih domain .id (dot id) atau domain TLD maupun ccTLD Indonesia pastikan bahwa website atau situs web Anda mengincar pengunjung dari Indonesia. Hal ini akan lebih diprioritaskan sebab mesin pencari saat ini akan mengutamakan domain TLD Indonesia, secara khusus pada penelusuran melalui mesin pencari dan perangkat elektronik oleh pengguna Indonesia.
  2. Jika yakin memutuskan menggunakan domain .id maka pastikan bahwa harga domain tersebut terjangkau untuk anda dan dapat selalu diperpanjang setiap tahun nya. Sehingga kalau pun harga perpanjangannya nanti mahal maka Anda harus siap terus memperpanjang umur domain .id Anda tersebut. Sebab situs blog akan mengalami penurunan trafik akibat berhentinya layanan domain .id yang Anda miliki meskipun Anda telah menggantinya dengan domain lain yang dianggap lebih murah.
  3. Menggunakan domain .com masih merupakan langkah yang tepat. Sebab selain domain ini bersifat bebas, penggunaan domain .com juga memiliki posisi yang baik di mesin pencari. Ini dikarenakan mesin pencari menelusuri sebuah halaman situs tidak hanya berdasarkan pada nama domain saja. Bahasa situs web menjadi faktor lain yang dipentingkan. Artinya sekalipun menggunakan domain .com bukan berarti domain ini sulit muncul di mesin pencari oleh pengguna Indonesia.
  4. Lebih lanjut memilih domain .com cukup penting jika target pengunjung situs Anda berasal dari berbagai negara. Menggunakan domain .id apabila Anda ingin secara khusus menargetkan pengunjung dari Indonesia. Domain .id saat ini umumnya dimanfaatkan oleh situs-situs web perusahaan yang mengincar konsumen dari Indonesia. Makanya banyak situs web bisnis di Indonesia seperti toko online, jasa internet yang mencari pengunjung atau konsumen Indonesia akan lebih memilih domain Indonesia seperti domain .co.id dengan harapan bisa mendapatkan konsumen yang lebih tertarget. (Konsumen Indonesia).
  5. Jika Anda akan membangun sebuah blog dengan jenis niche seperti blog berita yang memuat informasi dalam negeri. Maka akan sangat tepat situs web Anda menggunakan domain .id karena sesuai dengan target pembaca atau pengunjung situs Anda.

Kesimpulan

Meski ada banyak pertimbangan dalam memutuskan memilih antara domain .com atau domain .id? Kesimpulan akhir yang menjadi sebuah standar untuk memilih penggunaan domain untuk situs web Anda sebaiknya didasarkan oleh target pengunjung atau konsumen blog Anda.

Jika ingin menargetkan pembaca dan konsumen yang lebih tertarget dari Indonesia maka penggunaan domain .id sangat tepat menjadi pilihan Anda. Sementara jika ingin mendapatkan pengunjung atau konsumen secara internasional (tidak terbatas) maka menggunakan domain .com juga tepat untuk Anda gunakan.

So, tentukan dengan bijak. Semoga keputusan Anda tepat dan situs web yang dibangun memberi Anda harapan dan kesuksesan yang diinginkan. Demikian semoga ulasan ini bisa bermanfaat untuk Anda. Salam Damai...

Posting Komentar untuk "Pilih Mana, Domain .COM ataukah Domain .ID?"