Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google

agar artikel cepat terindex google

Semua blogger pasti sangat senang apabila artikel yang dibuatnya mudah dan cepat terindex google ataupun mesin pencarian lainnya. ini dikarenakan artikel yang cepat terindex atau masuk di dalam google index memiliki kecenderungan yang sangat baik untuk mendapatkan pengunjung atau pembaca.

Apalagi semua pasti sadar bahwa tujuan utama membangun blog dan menyajikan artikel adalah untuk meningkatkan jumlah tayang blog melalui kunjungan pembaca. Terlebih bagi yang sedang menjalankan bisnis online memanfaatkan media blog maupun website.

Namun dalam beberapa hal, terkadang blogger juga pasti mengalami bermacam persoalan dimana artikel yang dibuatnya terkadang sulit atau tidak ditemukan pada mesin pencarian. Nyatanya hal ini dikarenakan artikel tidak terindex google atau mesin pencari. Penyebabnya cukup beragam, Anda perlu memeriksa kembali artikel Anda dan memastikan tidak ada masalah pada artikel tersebut.

Penyebab Artikel Tidak Terindex

Artikel blog bisa saja sulit atau tidak terindex dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor berikut:

1.1 Memiliki Judul Yang Sama dengan Artikel Lain

Sebisa mungkin Anda perlu memastikan bahwa konten atau artikel yang dibuat tidak memiliki judul yang sama dengan artikel lainnya yang ada pada blog Anda. Saat ini google telah mampu mendeteksi atau memahami kata-kata yang bersinonim.

Oleh karena itu, jika terdapat artikel lainnya yang memiliki pembahasan atau judul yang terkesan sama alangkah baiknya judul tersebut tidak dibuat sama.

Sementara itu, jika ternyata pembahasan pada artikel lainnya ternyata memiliki kecenderungan yang sama maka jika memungkinkan untuk diulas dalam satu artikel maka dapat dibuat menjadi satu artikel utuh dengan pembahasan yang lebih lengkap.

Judul yang sama pada artikel blog dapat menyebabkan konten duplikat. Hal ini akan membuat mesin pencari memilih salah satu artikel yang dianggap lebih layak dan mengabaikan yang lainnya.

1.2 Konten Kurang Berbobot dan Plagiat

Google sangat mengutamakan konten yang memiliki ulasan yang padat dan lengkap serta bukan merupakan konten plagiat. Oleh karena itu, sangat penting dalam menulis artikel blog sebisa mungkin untuk menulis secara mandiri dengan membangun konten original.

Original yang dimaksud adalah konten yang dibuat bukan merupakan konten copy paste yang diubah gaya bahasa penulisannya saja melainkan adalah konten sendiri meskipun terdapat beberapa referensi yang diambil dari sumber lain.

Selain dengan menulis sesuai kreativitas sendiri, memperkaya artikel dengan ulasan yang padat dan lengkap akan menambah pengaruh yang positif dan kualitas artikel yang dibuat. Oleh karena itu, sangat disarankan Anda membuat artikel berisi kurang lebih 800+ kata atau dengan target minimal adalah 1000 - 3000 kata per artikel.

Berdasarkan ulasan panduanIM.com, disimpulkan bahwa dari hasil riset yang dilakukan serpIQ. Artikel dengan lebih dari 2000+ jumlah kata memiliki kinerja yang baik pada halaman pencarian google search engine. Ini dapat dilihat pada gambar berikut:

riset serpIQ

Dari hasil riset ini, rata-rata artikel yang muncul pada rangking 1 – 3 adalah artikel dengan jumlah kata berada di 2000 - 2500 kata.

2000+ kata yang dimaksud pada riset di atas sebenarnya merupakan gabungan dari seluruh teks (kata) yang muncul dalam satu halaman website atau blog termasuk jumlah kata pada kolom komentar.

Oleh karena itu, Anda bisa membiasakan diri menulis artikel 800+ kata dan terus meningkatkannya dari waktu ke waktu menjadi 1000+ menjadi 2000+ jika memungkinkan tanpa mengurangi kepadatan informasi di dalam artikel.

1.3 Terdapat Komentar ataupun Backlink Spam

Mesin pencari terutama google tidak akan mengindeks backlink berkualitas buruk, terutama tautan-tautan yang bersumber dari situs web yang terindikasi sebagai spam atau tidak memiliki manfaat apa-apa bagi pengunjung. Karena secara otomatis akan dinilai buruk oleh google.

Periksa dengan seksama apakah ada link spam yang diarahkan ke blog atau website anda, jika ada maka Anda perlu membersihkan link dan tautan-tautan spam lainnya yang mungkin ada dan mengarah ke website Anda.

Selain itu, pastikan blog atau artikel tidak terdapat komentar spam yang dapat membuat google menganggap blog Anda terindikasi ikut berbagi tautan spam yang dapat berefek buruk bagi blog.

1.4 Artikel Ditandai Tag No-Index

Artikel yang ditandai tag no-index memang jarang sekali terjadi, karena setiap blogger pasti tidak menginginkan agar artikelnya dicegah untuk tidak terindex di mesin pencari. Meski demikian tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan pada blog Anda dan memastikan setiap pengaturan yang diterapkan sudah benar.

1.5 Belum atau Tidak Menerapkan SEO On Page

SEO On Page adalah salah satu optimasi yang dilakukan di dalam blog yang bertujuan mengoptimalkan konten seperti: tag judul, tautan internal pada blog, URL serta gambar pada halaman website agar dapat berkomunikasi dengan mesin pencari secara maksimal.

Dengan demikian praktik SEO On Page ini bertujuan untuk mengoptimalkan setiap halaman website atau blog untuk mendapatkan trafik yang baik di mesin pencari.

Cara Agar Artikel Cepat Terindex di Google

Setelah mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang menyebabkan artikel sulit terindex di google, berikut beberapa hal yang dapat diupayakan agar artikel cepat masuk dalam index google sehingga dapat ditemukan di mesin pencari.

2.1 Daftarkan Blog atau Website ke Google Search Console

Google Search Console atau dulunya dikenal Google Webmaster adalah salah satu tool yang dikembangkan google untuk mempermudah pemiliki website atau blog mendaftarkan website mereka ke mesin pencari google.

Di dalamnya pengguna dapat melihat performa pencarian website seperti: tautan-tautan yang sudah diindex, kata kunci yang banyak dicari pengunjung di google, serta dapat mengajukan tautan blog untuk segera diindex oleh google, dan masih banyak lagi.

2.2 Menambahkan Sitemap Website

Sitemap atau peta situs adalah dokumen web berfrmat XML yang berisi seluruh tautan dari keseluruhan konten yang ada di dalam website atau blog. Dengan menambahkan peta situs maka google boot akan mengenali dan menelusuri seluruh isi konten di dalam blog dan memasukkannya ke dalam google index.

Untuk menambahkan sitemap dapat dilakukan melalui Google Search Console lalu silakan memilih menu Crawl dan Pilih Sitemap, Kemudian Add/Test Sitemap lalu Submit sitemap Anda.

2.3 Memperbanyak Menulis Konten Berkualitas

Memperbanyak menulis konten berkualitas adalah dengan membuat konten artikel yang original dan memuat informasi yang padat dan lengkap sehingga dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pembaca atas informasi yang ingin mereka ketahui.

Lakukakn riset kata kunci tertarget dan bersifat informatif serta unik. Lalu buatlah artikel Anda. Dan semaksimal mungkin menyediakan informasi yang lengkap serta dibutuhkan target pembaca Anda. Terus memperkaya konten Anda secara reguler lambat laun Anda akan mendapatkan manfaat yang diinginkan.

2.4. Upayakan Artikel Blog Yang Ramah dan Disukai Pembaca

Salah atu algoritma google saat ini mendeteksi bagaimana lamanya pembaca berkunjung dan menyelesaikan bacaannya di blog. Untuk itu, artikel yang ramah dan disukai pembaca sangat penting diupayakan untuk membuat pembaca nyaman membaca artikel Anda.

Meskipun tak ada formula yang pasti dalam hal ini, beberapa upaya yang dapat dilakukan untuk memberikan kenyamanan bagi pembaca dapat dilakukan dengan beberapa tips berikut:

  • Memperhatikan dan menggunakan bahasa yang sopan, bersifat komunikatif serta tidak menyajikan interpretasi yang ambigu atau membingungkan.
  • Gunakan bahasa yang sebaik-baiknya mengukti panduan PUEBI (EYD), hindari kesalahan ejaan atau kesalahan ketik karena typo dan sejenisnya. Beberapa kata akibat typo dapat mengubah pemahaman pembaca atau mengacaukan informasi dalam artikel.
  • Gunakan paragraf yang cenderung pendek, misalnya terdiri dari 3 - 4 baris per artikel atau disesuaikan asalkan tidak terlalu panjang. Penggunaan paragraf yang terlalu panjang terkadang membuat mata cepat lelah ketika membaca. Terlebih apabila pengunjung membaca menggunakan perangkat mobile seperti smartphone.

2.5 Tambahkan LSI dalam Artikel

LSI atau Latent Semantik Indexing adalah saran kata kunci relevan yang dibuat otomatis oleh google berdasarkan kueri yang dicari banyak orang di internet. Kata kunci LSI ini dapat diterapkan secara natural di dalam artikel.

Berikut adalah contoh LSI pada kata kunci "cara membuat blog untuk pemula"

agar artikel cepat terindex google

LSI yang ditemukan tersebut nantinya dapat digunakan atau dimasukkan di dalam penulisan artikel dengan catatan ditempatkan sealami mungkin di dalam baris artikel. Sehingga tidak terkesan bahwa penggunaan LSI tersebut dipaksakan.

Tempatkan LSI yang terbaik adalah pada awal-awal artikel, pertengahan dan akhir artikel.

2.6 Bangun Backlink Berkualitas

Backlink berkualitas adalah backlink yang berhubungan dengan topik/niche blog yang Anda miliki. Untuk memperoleh backlink atau tautan luar ke dalam blog harus bersumber dari website yang memiliki rangking yang baik serta berkualitas tidak terindikasi atau mengandung unsur spam terutama dari website-website crack dan scam (penipuan).

Beberapa cara yang dapat diterapkan untuk membangun backlink berkualitas untuk blog diantaranya adalah:

  • Jadi penulis tamu di blog orang lain (blogwalking).
  • Berkomentar di blog lain yang memiliki topik sama atau masih berhubungan dengan blog Anda. (Hindari melakukan spam seperti memasukkan link ke komentar, dan menggunakan kata kunci sebagai nama).
  • Bangun internal linking antara satu dan lainnya pada postingan Anda di blog.
  • Perbanyak artikel berkualitas dan informatif sehingga blog lain dapat menjadikan blog Anda sebagai referensi dan memberikan backlink secara cuma-cuma.

Sekian, itulah cara agar artikel cepat terindex google yang dapat Anda terapkan untuk meningkatkan trafik maupun pengunjung blog.

4 komentar untuk "Cara Agar Artikel Cepat Terindex Google"

  1. Posting ini juga Jelek, Cuma ngomong doang.Ah Teori.............

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam mas Wiyono Edo terima kasih atas kritiknya..

      Saya belajar untuk memperbaiki tulisan saya biar bisa menjadi lebih baik lagi.

      Tulisan ini memang teori karena bahasannya adalah menyajikan informasi. Mengenai hal-hal mendasar untuk membuat artikel blog mudah dan cepat diindex mesin pencari google..

      Namun satu hal yang membingungkan saya adalah:

      Tulisan ini saya posting tiga hari lalu, dan anda datang mengunjungi tulisan ini di hari ke 3 dan berkomentar seperti di atas.

      Setidaknya saya berasumsi artikel ini anda temukan melalui mesin search engine. Jika itu benar! Maka artikel ini bukan teori, karena dalam tulisan ini saya mempraktikan apa yang saya bahas...

      Jika artikelnya jelek! Insya allah saya akan belajar memperbaiki itu.

      Terima Kasih atas kritiknya...

      Salah Sukses yan mas bro...

      Hapus
  2. terimakasih mas informasinya. sangat2 bermanfaat bagi saya. cuma saya suka terkendala dalam pembuatan artikel. untuk mencapai 500 kata saja saya suka sudah mulai bingung :). mampir juga ke blog baru saya ini.

    indraadikusuma[dot]web[dot]id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam bang @Indra --Iya juga sih, kendala utama dalam menulis tulisan dengan di atas 500 kata memang agak ribet. Namun selama yang ditulis sudah informatif dan sudah cukup menjelaskan topik dari yang ditulis saya pikir sudah cukup bagus...

      Lagi pula, jumlah kata tersebut dihitung pula pada seluruh keyword yang tampil pada satu halaman website, nama menu, tag, komentar, semua itu masuk sebagai jumlah kata yang dihitung.

      Hanya saja kita memang perlu memaksimalkannya dengan menyajikan informasi yang lebih mendalam...

      sekurang-kurangnya informasi yang ditulis dapat tersampaikan dengan baik...

      cukuplah...

      Hapus