Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengajukan Cerita Berbayar Paid Stories Wattpad

Cara Mengajukan Cerita Berbayar Paid Stories Wattpad

Mungkin tidak salah, jika melalui wattpad paidstories penulis cerita dapat memonetisasi wattpad mereka dan berkesempatan untuk mendapatkan earning atau penghasilan dari wattpad memanfaatkan program terbaru wattpad paidstories.

Dengan cara ini, cerita di wattpad dapat diajukan menjadi cerita premium sehingga kesempatan ini memberikan harapan kepada penulis untuk mendapatkan uang dari wattpad. Setiap penulis memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mendapatkan uang / penghasilan dari cerita-cerita mereka yang masuk ke dalam cerita berbayar 'Wattpad Paid Stories'.

Jadi, saat ini jika masih ada yang bilang menulis di wattpad tidak bisa menghasilkan uang! Kini pada update wattpad fitur terbaru melalui program 'wattpad paidstories' cerita-cerita wattpad sudah bisa mendapatkan bayaran bila lolos menjadi cerita berbayar di wattpad.

Supaya cerita-cerita atau buku digital anda di wattpad bisa menghasilkan uang atau earning melalui pembelian cerita berdasarkan bab oleh pembaca. Maka cerita-cerita anda harus lolos seleksi atau direview terlebih dahulu oleh Tim Editorial wattpad.

Perlu diketahui bahwa untuk memonetisasi cerita wattpad anda dan menjadi cerita berbayar maka tidak bisa dilakukan oleh anda sendiri. Ini dikarenakan fitur paid stories wattpad saat ini bersifat undangan atau dapat diajukan secara manual untuk diseleksi terlebih dahulu.

cara daftar wattpad paidstories

Bila kemudian karya anda lolos seleksi oleh tim wattpad yang berwenang maka cerita anda akan dimasukan ke dalam cerita berbayar dan setiap pembelian cerita berdasarkan bap oleh pembaca wattpad akan menjadi bayaran anda.

Cerita Berbayar Wattpad

Ada beberapa persoalan dasar yang perlu diperhatikan oleh setiap penulis cerita di wattpad. Terutama bagi yang baru memulai berkarya menggunakan wattpad. Meski cerita berbayar wattpad ini akan menjadi sumber penghasilan anda di wattpad.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebab wattpad memiliki beberapa penilaian untuk menyeleksi setiap karya agar dapat dimasukkan ke dalam cerita berbayar mereka.

Di situs resminya wattpad menerangkan bahwa mereka memiliki tim editorial yang telah bekerja dengan spesialis dari TIM pembelajaran mesin DNA cerita-cerita wattpad mereka. Serta akan memilih berbagai genre yang mereka yakini disukai oleh pembaca mereka.

Selain itu, tim editorial ini akan bekerja dengan penulis untuk memastikan kreativitas mereka, komitmen dan pekerjaan yang mereka curahkan ke dalam cerita berbayar. Ada beberapa faktor yang ddilihat oleh tim editorial wattpad dalam menilai setiap karya yang masuk ke dalam jajaran cerita berbayar di wattpad. Faktor-faktor tersebut di antaranya:

1. Penceritaan

Wattpad mengharapkan setiap pencerita / penulis cerita mampu membangun narasi cerita yang mampu menangkap imajinasi pembaca dan membuat mereka terdorong untuk terus ikut membaca cerita-cerita yang penulis bagikan.

Karena menurut wattpad ketertarikan tersebut mampu mendorong pembaca untuk menyukai dan membayar cerita tersebut dan tidak merasa dirugikan membayar cerita premium mereka.

2. Kualitas

Wattpad juga sangat mengharapkan agar setiap cerita sebaiknya dibangun secara serius dan memberikan kualitas bacaan yang baik. Oleh karenanya penulis dituntut mampu menyusun kalimat yang mengalir serta dapat menyampaikan cerita dengan baik untuk pembaca.

3. Orisinalitas

Setiap media literasi di manapun pasti akan selalu mengutamakan karya yang orisinal atau langsung dari tangan penulisnya. Oleh karena itu pastikan karya-karya yang anda bagikan tidak atau belum pernah dimuat pada media lain. Cetak maupun digital!

4. Kepribadian

Kepribadian yang dimaksudkan wattpad adalah mereka yang mampu menopang tuntunan program. Sebab pihak wattpad akan mengevaluasi apakah adalah waktu yang tepat seorang penulis bergabung dengan program mereka atau tidak.

Seorang penulis yang seringkali absen atau tidak bisa konsisten aktif untuk membagikan karya sesuai tuntunan program maka cenderung sulit untuk diterima sebagai kontributor cerita premium di wattpad.

5. Marketplace

Wattpad mengklaim terkadang mereka harus membuat pilihan yang sulit sebab tersedianya banyak ruang cerita dan keinginan mereka untuk memastikan tidak menahan keragaman cerita untuk ditambahkan ke dalam kisah yang mereka sukai. Membuat mereka harus lebih selektif untuk benar-benar mengutamakan karya yang banyak diminati pembaca.

6. Komunitas

Setiap penulis di wattpad wajib berperilaku dengan baik kepada sesama wattpaders. Ini diharapkan supaya setiap pengguna wattpad yang tergabung dalam komunitas ini dapat memberikan manfaat dan rasa senang untuk setiap penggunanya.

Simpulan

Jadi berdasarkan 6 faktor di atas dapat kita simpulkan bahwa wattpad akan memilih cerita berdasarkan kombinasi data dan wawasan manusia untuk menyoroti penulis yang kuat dalam sisi bercerita.

Hal ini secara tidak langsung menerangkan bahwa cerita-cerita wattpad yang akan mendapat sorotan adalah cerita-cerita yang memiliki reputasi baik dimana mendapatkan komunitas pembaca yang tinggi serta memiliki banyak kesan positif dan disukai oleh pembacanya.

Cara Mengajukan Paid Stories Wattpad Secara Mandiri

Untuk mengajukan wattpad paidstories atau supaya karya anda bisa menjadi cerita berbayar langkah paling utama adalah anda dan karya yang dibagikan di wattpad sebaiknya memenuhi 6 faktor pendukung di atas.

Sebab dalam beberapa kesempatan anda akan diundang oleh editorial wattpad untuk menawarkan karya anda menjadi cerita berbayar mereka. Bila karya atau tulisan anda tersebut dinilai layak!

Meski demikian anda sebenarnya dapat mengajukan secara mandiri karya anda ke wattpad untuk dipertimbangkan menjadi cerita berbayar melalui formulir "aplikasi promosi cerita wattpad"

cara ajukan cerita berbayar di wattpad

Melalui formulir tersebut anda bisa mengisi informasi tentang cerita wattpad anda yang akan dijadikan cerita berbayar melalui wattpad paidstories.

Setelah mengirim formulir tersebut maka karya anda akan diseleksi oleh tim editorial wattpad. Bila karya yang dikirimkan dinilai layak maka anda akan menerima undangan untuk menjadikan cerita-cerita anda ke dalam cerita berbayar wattpad dan bisa mulai menghasilkan uang bila ada pembaca wattpad yang membeli cerita premium anda.

So, silakan maksimalkan kerja anda ketika menulis di wattpad. Lalu raih banyak pembaca ke karya-karya anda serta ajukan monetisasi wattpad untuk menjadikan karya anda cerita premium dan mulai menghasilkan uang dari tulisanmu di wattpad!

Demikian, semoga ulasan ini mengenai cara mengajukan cerita wattpad paidstories bermanfaat untuk Anda.

1 komentar untuk "Cara Mengajukan Cerita Berbayar Paid Stories Wattpad"