Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Fungsi dan Manfaat Memiliki Nama Domain Sendiri

Pernahkah sobat mendengar istilah ini! Apa itu pengertian domain, fungsinya dan apa manfaat memiliki domain sendiri? Mungkin saja di telinga sobat istilah domain sudah sering didengar dari beberapa teman dan dari artikel-artikel di internet!

Namun sudahkah sobat tahu apa itu pengertian domain? Bagi yang belum tahu, sini biar blogtaliabu coba kasih tahu ya!

Pengertian Domain

Domain adalah nama unik yang digunakan oleh seseorang atau sekelompok orang dalam menamai website atau situs pribadi mereka.

Sederhananya Domain dapat disebut sebagai alamat situs atau nama website. Domain digunakan untuk mempermudah pengunjung ketika mengunjungi sebuah website.

Misalnya: www.blogtaliabu.com adalah domain atau nama website saya. 

Artinya, ketika sobat akan mengunjungi website milik saya sobat tinggal memanggil www.blogtaliabu.com melalui browser dan secara langsung sobat tentunya akan masuk ke blog ini.


Sebenarnya jika ingin berbicara lebih jauh mengenai apa itu domain terdapat berbagai penjelasan dan umumnya rumit dimengerti. Padahal cukup dengan mengetahui domain sebagai nama dari sebuah website sudah cukup menjelaskan apa itu pengertian domain.

Lebih dalam mengenai domain sobat bisa menanyakan itu kepada teman-teman sobat yang memiliki ilmu pengetahuan di bidang IT.

Fungsi Domain

Selain itu pada dasarnya domain atau nama sebuah alamat web adalah bentuk penyamaran dari alamat IP (Penjelasannya silakan searching ya!) Pemberian nama tersebut untuk menggantikan alamat IP dengan nama yang mudah diingat.

Misalkan ketika kita akan mengunjungi www.google.com kita juga bisa mengunjungi alamat atau situs tersebut dengan alamat IP melalui kombinasi angka berikut: 173.194.39.19. Sehingga dengan kita menyamarkan atau mengubah angka tersebut menjadi nama khusus dapat membuat pengunjung lebih mudah dalam mengakses sebuah alamat web. (referensi: solozine.com)

Domain sendiri ada yang bisa didapatkan secara gratis dan ada yang bisa disewa atau dibeli melalui situs-situs web penjual hosting dan domain.

Tetapi umumnya bagi beberapa orang yang ingin serius menekuni aktivitas mereka di dunia bisnis online (Internet Marketer), blogger, dan tujuan lainnya akan lebih memilih untuk menyewa domain berbayar sehingga website yang mereka miliki terkesan good quality dan dapat dibilang profesional.

Kisaran harga domain pun bervariatsi dimulai hingga kisaran $30 Dollar ke atas tergantung jenis dari extensi domain tersebut.

Sebenarnya terdapat banyak macam extensi domain, tetapi extensi domain yang paling populer atau banyak digunakan diantaranya:
  • .gov – Digunakan Untuk Untuk Pemerintahan (goverment) 
  • .edu – Digunakan Untuk Institusi pendidikan (edukasi) 
  • .org – Digunakan Untuk Organisasi / Kegiatan Nonprofit (organization) 
  • .mil – Digunakan Untuk Militer (Militer) 
  • .com – Digunakan Untuk Organisasi Profit / Komersial (comersial) paling populer dan umum digunakan 
  • .net – Digunakan Untuk Organisasi Network 
  • .name – Digunakan untuk personal / keluarga 
  • .tv – Digunakan Untuk Pertelevisian 
  • .info – Digunakan Untuk kepentingan Informasi 
  • .biz – Digunakan Untuk Kepentingan Bisnis 
  • .travel – Digunakan Untuk Pariwisata 
  • .me – digunakan untuk nama pribadi 
  • .co – kebanyakan digunakan untuk corporate 
  • .ac.id – digunakan untuk situs akademisi seperti universitas Indonesia 
  • .sch.id - digunakan untuk nama web sekolah indonesia (school indonesia) 
  • .co.id – biasanya digunakan untuk situs perusahaan Indonesia 

Manfaat Memiliki nama Domain Sendiri

Seperti halnya identitas (ID) domain yang dimiliki nantinya dapat menjadi representasi dari web yang kita kelola, baik untuk keperluan personal, bisnis, dan masih banyak lagi. Untuk bisnis misalnya alasan agar memiliki sebuah nama domain yang cocok dengan usaha yang digeluti adalah sangat baik untuk segera dimiliki.

Hal ini dilakukan agar tidak ada orang lain yang memiliki domain yang kita miliki. Sebab nama sebuah domain akan selalu berbeda dengan nama domain lainya. Tidak satupun domain di dunia ini yang sama namanya. Sehingganya apabila kita telah memiliki domain maka orang lain tidak akan bisa menyewa domain yang telah kita miliki kecuali kita bersedia menjualnya kembali.

Dengan nama domain sendiri, tentunya akses ke web kita akan semakin mudah. So, jika ingin menyewa dan memiliki domain, maka buatlah nama domain yang unik dan gampang diingat dan jangan terlalu panjang. Sebisa mungkin gunakan dua gabungan kata unik atau satu kata unik yang dapat mewakili topik web yang sobat miliki.

Baca Juga:
Selain itu dengan memiliki nama domain sendiri terutama domain berbayar (disewa) makan akan mendatangkan beberapa manfaat bagi web yang kita miliki:
  • Website akan Menjadi lebih Bernilai atau Profesional
  • Branding, (Nama domain adalah sebuah Branding, sehingga harus segera dimiliki untuk menjadi ID atau nama Web anda di kancah persilatan internet. 
  • Memanjakan Konsumen: Dengan nama domain yang mudah dan gampang diingat, pengunjung akan lebih mudah mengunjungi alamat web kita, sehingganya dapat menambah jumlah view atau jumlah pengunjung. 
Sementara menurut beberapa orang memiliki nama website atau domain sendiri akan menjadikan website menjadi lebih keren dengan nama yang unik, serta dapat menjadi motivasi atau penyemangat diri untuk terus berusaha memperkenalkan nama website kita dan kita memiliki tanggung jawab untuk memajukan kualitas website yang kita miliki.

Bagi sobat yang ingin memiliki nama domain sendiri, bisa menyewa domain di Niagahoster.co.id atau silakan baca panduannya artikel blogtaliabu sebelumnya mengenai: "Cara Beli Domain Murah di Niagahoster" segeralah ubah domain anda yang misalnya blogspot.com menjadi .com seperti www.blogtaliabu.blogspot.com yang saat ini telah menjadi www.blogtaliabu.com.

Demikian semoga ulasan ini, bisa bermanfaat bagi sobat. Serta bisa menjadi bahan pertimbangan bagi sobat untuk memilih memiliki nama domain sendiri. Sekian, Salam dan Terima Kasih.

4 komentar untuk "Pengertian, Fungsi dan Manfaat Memiliki Nama Domain Sendiri"

  1. Balasan
    1. Terima Kasih kembali gan! sudah mau meninggalkan jejak di blog saya... hehe...

      Hapus
  2. Balasan
    1. Salam! untuk memasang domain, syarat utama harus membeli domain terlebih dahulu di salah satu layanan hosting & domain. Untuk itu sobat bisa search salah satu artikel di dalam blog ini mengenai cara beli domain... demikian semoga membantu...

      Hapus