Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Penyebab Yang Buat Blog Sepi Pengunjung

Menjadi seorang blogger atau penulis konten di blog pasti pernah mengalami banyak keluhan yang rasanya asam manis dan malah sering merasakan asam saja. Meski terkadang selalu juga ada rasa pahit. Hehehee...

Blogger memang seperti itu, ada banyak proses yang perlu dilewati dan banyak ilmu yang perlu dipelajari. Semuanya butuh waktu nggak langsung jadi maka jadilah.

Ketahui, Kenapa Blog Anda Sepi Pengunjung!
kenapa blog saya sepi pengunjung? apa penyebabnya?
Saat memulai blogging saya dulu sangat ter-obsesi untuk mendapatkan banyak pengunjung ke blog serta bertanya-tanya mengapa blog saya sepi pengunjung, kenapa sih? Apakah artikel saya tidak berkualitas? Padahal artikel saya adalah artikel original dan saya tulis sendiri. Mengapa belum juga ada pengunjung datang ke blog saya?

Nampaknya pertanyaan-pertanyaan yang pernah saya lontarkan dulu kini terjadi juga pada beberapa blogger yang saat ini baru memulai blogging. Tidak ada salahnya bertanya yang demikian, saya juga dulu memiliki pertanyaan-pertanyaan serupa itu.

Hanya saja kita juga perlu sadar bahwa ada waktunya blog mendapatkan pengunjung tidak langsung tulis dan post artikel di blog langsung ada jaminan bahwa blog akan didatangi pengunjung. Bukan seperti itu... ada proses. Kita butuh proses..

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Berikut ini beberapa hal yang mungkin akan menjawab pertanyaan teman-teman mengapa blog masih saja sepi pengunjung, padahal sudah menulis artikel original dan berkualitas...

1. Blog Sepi Pengunjung Dipengaruhi Oleh Minat Baca

Perlu diketahui minat baca orang indonesia itu sangat rendah sekali. Bahkan menurut survey yang dikutip melalui laman tirto.id menerangkan bahwa minat baca orang indonesia menduduki posisi ke 60 dari 61 negara.

Jadi, jika anda adalah seorang blogger yang banyak membagikan artikel online di blog yang berbahasa indonesia. Sudah bisa dipastikan bahwa ini adalah salah satu faktor penentu mengapa sebagai blogger indonesia kita sulit mendapatkan banyak pembaca ke blog.

Minat baca orang-orang indonesia umumnya didominasi oleh orang-orang terpelajar dari kalangan pengusaha, kalangan elit politik, tokoh agama (ulama), kalangan dokter, hingga kalangan pendidik dan pengajar seperti: guru, dosen dan orang-orang yang memiliki pendidikan tinggi sarjana, doktor, hingga profesor.

Orang-orang seperti mereka bahan bacaannya sudah pasti adalah tulisan-tulisan yang tentunya bobot dan kualitasnya bermutu dan bermanfaat bagi mereka.

Kita sebagai blogger biasa sudah tentu memiliki tantangan besar untuk banyak baca dan belajar agar artikel online yang kita tulis memuat informasi yang bobot dan kualitas artikelnya bermutu dan sangat bermanfaat bagi pembaca.

Dengan begitu, kita bisa beralasan sesuka nya dan menggerutu bila masih saja artikel yang dibuat tidak mendapatkan pengunjung atau pembaca. Namun jika kita adalah blogger yang malas baca sudah tentu kualitas artikel kita adalah hasil dari kemalasan itu dan janganlah mengeluh bila artikel kita tak kunjung mendapatkan pembaca.

2. Blog Sepi Pengunjung Karena Artikel Memiliki Judul dan Topik Yang Ramai

Sebenarnya sebagai blogger kita juga tidak harus memiliki kemampuan menulis artikel yang luar biasa untuk mendapatkan pembaca dari kalangan yang umumnya minat baca nya tinggi. Sebab di luar sana juga banyak orang tua, tante, om-om dan nona-nona serta anak-anak muda dan pelajar yang membutuhkan informasi melalui artikel-artikel online di internet.

Meski kita tahu terkadang kebutuhan mencari informasi dipengaruhi oleh tugas sekolah atau karena memang memiliki kemauan belajar dalam diri mereka. Intinya sebagai blogger kita bisa mendapatkan pembaca seperti mereka. Baik dari kalangan orang tua, abang-abang dan nona-nona, maupun masih pelajar. Bukan mereka orang-orang yang umumnya kita tahu punya minat baca tinggi.

Oleh karenanya meski artikel yang kita tulis memiliki banyak target pembaca, baik mengincar kalangan umum seperti anak sekolahan, pemuda, dan orang tua. Masalah terbesar nya adalah artikel yang ditulis --memiliki judul dan topik yang ramai dibahas.

Jika anda menulis artikel yang memiliki pembahasan topik serta judul yang ramai ditulis blogger lain, sudah tentu hal tersebut sangat berat. Sebab anda akan bersaing dengan banyak blogger untuk mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari.

Umumnya artikel yang lebih lama dan lebih berkualitas lah yang akan memuncaki kolom hasil pencarian di mesin pencari.

Jadi jika ternyata artikel yang anda tulis memiliki judul dan topik yang sama persis dan sudah pernah di bahas oleh blogger lain. Maka dijamin artikel yang anda tulis akan sangat sulit mendapatkan pengunjung dan pembaca datang ke blog anda.

3. Blog Sepi Pengunjung Karena Artikel yang Ditulis Memiliki Judul yang Tidak Bombastis (Tidak Menarik)

Saat ini pembaca orang indonesia, lebih mudah membaca artikel yang memiliki judul-judul yang menarik dan bombastis. Terutama judul-judul artikel yang clickbait atau menipu.

Akibatnya saat ini banyak blogger yang beranggapan bahwa judul blog yang menarik atau bombastis adalah judul blog yang diterjemahkan ke dalam judul yang clickbait. Padahal maksud sebenarnya dari membuat judul yang menarik adalah Judul blog benar-benar mengandung informasi yang sedang dibutuhkan pembaca.

Sehingga ketika pembaca membaca judul artikel, pembaca langsung memiliki feeling bahwa di artikel inilah ia bisa mendapatkan informasi yang dia butuhkan.

Namun pemanfaatan judul clickbait juga bagus untuk memaksa pengunjung membaca artikel blog anda karena membuat mereka penasaran dengan isi artikel anda.

Penggunaan judul clickbait dan bombastis biasanya digunakan dalam penulisan artikel-artikel berita. Hal ini dilakukan sebagai trik khusus untuk memaksa pembaca meng-klik judul artikel dan membaca isi berita yang terkadang sebenarnya biasa saja.

Hanya saja untuk mendapatkan pembaca blog yang datang langsung dari mesin pencari, menggunakan rumus judul clickbait tidak begitu baik. Sebab rumus judul clickbait biasanya digunakan untuk mendapatkan pembaca melalui sharing media sosial dan memang jurus ini sangat mumpuni jika melalui media sosial.

Berdasarkan hasil percakapan Anji di kanal youtubenya Dunia Manji bersama Najwa Shihab pembawa acara Mata Najwa itu mengatakan bahwa orang indonesia saat ini minat bacanya hanya jika mereka dipaksa dan disodorkan bahan bacaan langsung ke depan mereka.

Saat ini orang indonesia lebih sering dan aktif bersosial media, sehingga apa yang mereka baca adalah apa yang mereka temukan di media sosial. Dalam percakapan tersebut, sebenarnya Najwa Shihab ingin menerangkan bahwa minat baca orang indonesia tidak dilakukan karena mereka sendiri yang merasa butuh untuk mencari bahan bacaan. Melainkan hanya ketika disodorkan di depan mereka barulah mereka membaca.

Itulah mungkin alasan yang mendasar mengapa judul clickbait dijadikan trik khusus untuk mendapatkan pembaca melalui sharing artikel di media sosial.

4. Blog Sepi Pengunjung Karena Mesin Pencari Butuh Waktu Melakukan Crawl Terhadap Blog dan Seluruh Artikel di Dalamnya

Jika anda adalah blogger baru, yang mungkin umur blognya masih sekitaran sebulan dua bulanan dan masih memiliki artikel yang sedikit. Maka jangan langsung berharap apalagi mengeluh bahwa blog kamu kenapa tidak mendapatkan pengunjung.

Perlu diketahui bahwa blog sebelum benar-benar bisa mendapatkan pengunjung melalui mesin pencari seperti google. Blog yang masih baru akan membutuhkan proses untuk di crawl mesin pencari sehingga alamat blog anda serta seluruh artikel di dalamnya mendapatkan pengindeksan atau bisa ditelusuri di mesin pencari. baik di google, bing, yahoo, dan di mesin pencari lainnya.

Jika anda mengerti tentang SEO maka menggunakan template maupun blog yang mendukung SEO dan responsif adalah salah satu faktor utama agar blog mudah dan cepat di crawl oleh mesin pencari.

Pun demikian untuk lebih efisien anda bisa mendaftarkan blog ke mesin pencari atau istilahnya di dunia blogging adalah melakukan submit blog ke mesin pencari. Misalnya submit blog ke google, yahoo, bing, dan yandex serta di beberapa search engine lainnya. Tetapi umumnya yang banyak digunakan blogger indonesia adalah men-submit blog ke google dan ke bing webmaster tool.

Jika blog anda sepi pengunjung dan masih tetap tidak mendapatkan pengunjung sama sekali, selain hanya dari media sosial saja. Maka melakukan submit blog ke mesin pencari. Silakan memilih google webmaster tool atau bing atau keduanya.

Dengan men-submit blog anda ke mesin pencari. Maka mesin pencari akan mulai melakukan crawl ke blog anda untuk menampilkan blog dan artikel anda di hasil pencarian.

Jadi blog sepi pengunjung bisa terjadi karena blog kita belum mendapatkan crawl dengan sempurna dari mesin pencari.

5. Blog Sepi Pengunjung Karena Artikel Tidak Menyelipkan 'Kata Kunci' dan Belum melakukan Optimasi

Jika anda ingin mengincar pengunjung blog yang datang melalui mesin pencari, maka menyelipkan 'kata kunci' pada judul artikel anda serta mengoptimasi isi postingan anda menjadi syarat utama yang perlu anda persiapkan dengan matang.

Penggunaan kata kunci adalah metode khusus untuk mendapatkan pengunjung blog anda berdasarkan kata kunci yang diketik calon pengunjung di mesin pencari.

Baca: Manfaat dan Peran Penting Kata Kunci untuk Artikel Blog

Untuk melakukannya anda perlu mempelajari cara riset kata kunci untuk artikel anda, silakan pelajari itu melalui bahan bacaan yang ditulis oleh blogger-blogger terkenal seperti blogodolar.com, sugeng.id, dan panduanim.com.

Sementara optimasi artikel adalah bisa dengan menyelipkan beberapa kata kunci pendukung pada artikel anda. Selain itu, anda bisa membuat artikel blog dengan jumlah kata di atas 1000. Sebab makin banyak ulasan yang anda tulis dan anda kembangkan dalam isi artikel anda. Maka akan semakin banyak informasi yang dimuat dan artikel semakin lengkap.

Baca: Cara Agar Artikel Blog Cepat Muncul di Google

Dikutip dari sugeng.id dari artikel yang ditulis oleh panduanim.com mengemukakan bahwa berdasarkan hasil survey dari serpIQ rata-rata artikel yang muncul pada rangking 1 -2 di mesin pencari adalah artikel blog dengan panjang artikel sekitar 2000 hingga 2500 kata.

Dimana dari 2500 kata yang dimaksud sebenarnya merupakan seluruh gabungan teks dalam satu halaman blog termasuk teks di dalam kotak komentar. Oleh karenanya dengan menulis artikel blog dengan rata-rata memiliki jumlah kata di atas 1000 akan semakin baik dan berkualitas.

6. Blog Sepi Pengunjung Karena Tidak Banyak Dibutuhkan Pembaca

Saat seseorang mencari informasi di internet terutama melalui mesin pencari baik google, bing, yahoo, maupun yang sejenisnya. Umumnya mereka sebagai calon pembaca akan memilah dan kemudian memilih artikel mana yang akan mereka baca.

Paling sering jika daftar keyword yang mereka ketikan ditampilkan pada hasil SERP maka artikel yang menduduki posisi teratas akan memiliki potensi besar untuk dibuka. Namun jika ternyata informasi yang dibutuhkan malah tidak ada maka biasanya mereka akan beralih ke tulisan lain.

Ini artinya meski artikel sebuah blog mampu menduduki posisi yang baik di mesin pencari, faktor lain yang membuat blog mendapatkan banyak kunjungan karena berisi artikel atau postingan yang setidaknya postingan-postingan tersebut dibutuhkan oleh pembaca.

Semakin banyak pembaca yang membutuhkannya maka semakin tinggi kunjungan pembaca ke blog.

Meski demikian, kita tak punya formula pasti untuk membuat artikel yang banyak dibutuhkan pembaca. Makanya upaya-upaya seperti riset keyword, menyajikan tulisan yang lengkap perlu juga dilakukan untuk memenuhi target yang diharapkan.

Sekian.., mungkin hanya itu beberapa ulasan saya terkait penyebab mengapa blog sepi pengunjung.

Dengan mengetahui beberapa persoalan yang telah saya ulas di atas.

Semoga anda bisa kemudian berpikir lebih dalam untuk tidak mudah menyerah dan terus bekerja keras hingga kemudian di suatu waktu blog anda bisa mendapatkan pengunjung baik dari mesin pencari maupun melalui sharing artikel ke media sosial.

Posting Komentar untuk "6 Penyebab Yang Buat Blog Sepi Pengunjung"