Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat dan Peran Penting Kata Kunci untuk Artikel Blog

Untuk beberapa orang menulis adalah bagaimana mengungkapkan dan menyampaikan perasaan, pendapat maupun gagasannya dalam bentuk tertulis untuk dibaca oleh orang lain.

Namun bagi seorang blogger menulis bukanlah sekadar menyampaikan perasaan, pendapat maupun gagasan saja. Lebih jauh dari itu seorang penulis blog (narablog) atau blogger memiliki teknik menulisnya sendiri.

Mereka yang menulis sebagai blogger tidak akan menulis sesuka hati dan inginnya saja. Mereka akan mempelajari dan melakukan riset informasi terutama kata kunci khusus yang peran nya sangat penting untuk membuat artikel yang diterbitkan di blog dapat di-indeks dengan mudah oleh mesin pencari berdasarkan minat yang sering dicari user / pengguna internet (pembaca).

apa pentingnya kata kunci di dalam sebuah artikel
kata kunci adalah poin penting yang mempengaruhi SEO artikel blog
Sebelum lebih jauh kita berbicara mengenai manfaat atau pentingnya kata kunci bagi artikel blog, sebaiknya kita ketahui lebih dulu apa yang dimaksud dengan ‘kata kunci’

Pengertian Kata Kunci

Dalam bahasa inggris ‘Keyword’ yang selanjutnya diterjemahkan menjadi ‘kata kunci’ merupakan satu atau kumpulan kata-kata yang memiliki keunikan, ciri khas dan karakternya sendiri. Sebagai contoh antara lemari dan kunci. Keyword atau kata kunci berperan sebagai kunci penting untuk membuka dan menemukan isi lemari.

Contohnya: Jika kita sedang ingin membuka lemari seorang teman maka kunci untuk membuka lemari tersebut adalah kunci teman kita atau kunci yang sudah diduplikasi. Hal ini selanjutnya dapat dianalogikan antara ‘kata kunci’ dan artikel blog.

Dimisalkan kita sebagai pembaca ingin mencari sebuah artikel tentang ‘tips memasukkan kata kunci di dalam artikel blog’ maka untuk mencari artikel tersebut kita sebagai pembaca pasti akan melakukan penelusuran online menggunakan kata-kata yang kita inginkan yang bisa terdiri dari satu kata, dua kata bahkan lebih.

Kata-kata yang muncul bisa jadi seperti: tips memasukkan kata kunci artikel, bagaimana memasukkan kata kunci di dalam artikel, peran kata kunci untuk artikel blog, dll.

Kata-kata yang kita tulis tersebut untuk mencari artikel yang ingin kita cari melalui mesin pencari (google) disebut dengan keyword (kata kunci).

Dari sini kita mengerti bahwa keyword (kata kunci) merupakan satu atau kumpulan kata yang digunakan user untuk mencari artikel blog atau sebuah informasi online yang ingin diketahui, dilihat dan dibaca.

Peran ‘Kata Kunci’ untuk Artikel Blog?

Di atas sudah sedikit dijelaskan bahwa ‘kata kunci’ adalah satu atau kumpulan kata yang digunakan user untuk mencari sebuah informasi di internet.

Melalui kata kunci ini mesin pencari atau google melakukan seleksi dan pemanggilan informasi terhadap setiap artikel blog yang mengandung kata kunci yang dicari untuk dimunculkan pada halaman pencarian web.

Makin tepat kata kunci yang terdapat pada judul dan isi artikel blog maka makin tinggi potensi artikel blog untuk tampil dan muncul di halaman pertama pencarian google.

Oleh karena itu, sebagai seorang blogger saat menciptakan dan menulis artikel blog sangat penting melakukan riset kata kunci untuk menemukan topik-topik yang banyak digunakan user / pengguna internet.

Hal ini sangat perlu dilakukan!

Dikarenakan banyak tidaknya artikel blog yang ditulis ditemukan dan dibaca oleh user / pengguna internet salah satu faktor penyebabnya adalah peran ‘kata kunci’ tersebut.

Sehingga menulis artikel blog bukanlah sekadar menulis sesuka hati. Melainkan blogger sebagai penulis akan berusaha untuk menempatkan kata kunci pada judul dan isi artikel blog yang ditulisnya. Dengan kata lain menulis sebagai blogger adalah menulis informasi yang dibutuhkan dan dicari banyak orang (pembaca).

Jika artikel blog yang ditulis tidak dibutuhkan dan dicari oleh banyak orang tentu akan mendatangkan dampak buruk bagi artikel blog. Dampak buruk tersebut adalah artikel blog yang ditulis akan sulit mendapatkan pembaca melalui mesin pencari.

Selain itu dampak buruk lainnya adalah blog yang dibuat tidak akan berkembang dan akan sulit mendapatkan pengunjung kalaupun mendapatkan pengunjung maka hanya akan ada sedikit pengunjung. Terutama jika pengunjung utamanya berasal dari hasil penelusuran google.

Kesimpulan

Berdasarkan pembahasan di atas maka kita pun tahu bahwa ‘kata kunci’ sangat penting dan memiliki peran dan manfaat bagi artikel blog dan kemajuan sebuah blog. Beberapa keuntungan yang akan didapatkan diantaranya:

1. Artikel Blog Jadi Lebih Mudah Ditemukan di Mesin Pencari

Sebagai penulis blog (blogger) kita pasti menginginkan artikel blog yang sudah kita tulis dapat dengan mudah terindeks dan muncul di mesin pencari dan dibaca oleh banyak orang. Oleh karena itu, manfaat utama dari artikel blog yang mengandung ‘kata kunci’ yang tertarget adalah solusi dan pelajaran penting bagi blogger dalam membuat artikel blog yang ditulisnya menjadi mudah ditemukan oleh user / calon pembacanya.

2. Blog Berpotensi Sukses

Tidak dapat dipungkiri bahwa mendapatkan banyak pembaca blog pasti akan berdampak pada banyaknya pengunjung blog. Blog yang memiliki banyak pengunjung akan memiliki potensi besar berkembang dan menjadi sukses.

Sukses yang didapatkan pun tidak tanggung-tanggung, sebab selain memberikan kesuksesan untuk pemiliknya, blog yang di buat pun akan menjadi lebih berharga, bernilai jual tinggi bahkan dapat menjadi mesin penghasil uang dari internet.

Jadi, untuk kamu yang saat ini menulis artikel blog namun belum atau tidak pernah mementingkan manfaat dan peran kata kunci bagi artikel blog yang kamu tulis. Ditandai dengan artikel blog yang kamu buat sulit terindeks mesin pencari dan mendapatkan banyak pembaca.

Mungkin kamu harus mulai dari sekarang untuk mempelajari bagaimana memanfaatkan kata kunci untuk kebutuhan SEO artikel blog yang kamu tulis.

Salam sukses untuk semuanya...

Posting Komentar untuk "Manfaat dan Peran Penting Kata Kunci untuk Artikel Blog"