Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menggunakan Yoast SEO untuk Blogspot

yoast seo untuk blogger

Yoast SEO untuk Blogspot | Meski plugin yoast seo ini tidak tersedia pada platform blogspot/blogger. Bukan berarti pengguna blogger blogspot tidak bisa menerapkan dan menikmati penggunaan yoast seo. So, simak alternatif sederhana cara menerapkan analisis yoast seo di blogspot

Bagi blogger yang umumnya menjalankan aktivitas ngeblog nya menggunakan platform blog di wordpress tentu sudah tidak asing lagi dengan plugin yoast SEO. Karena plugin SEO yang satu ini sangat populer digunakan kalangan blogger di wordpress untuk mengoptimasi dan memaksimalkan kekuatan konten / artikel mereka sehingga mudah mencapai posisi yang bagus di mesin pencari.

Sayangnya bagi blogger yang ngeblog menggunakan platform blog gratisan dari blogger.com atau blogspot tidak dapat menggunakan plugin Yoast SEO tersebut.

Ini dikarenakan penggunaan Plugin Yoast SEO sendiri adalah fitur premium dari wordpress dan karenanya tidak dapat digunakan sebagai plugin SEO di blogger.com atau blogspot yang notabene nya adalah sebuah platform blogging gratisan.

Meski yoast seo untuk blogspot tidak tersedia atau tidak include di dalam blogspot! bukan berarti blogger tidak bisa menerapkan analisis yoast seo di blogspot untuk optimasi konten.

Oleh karena itu, ulasan berikut ini, bisa menjadi solusi penggunaan plugin yoast SEO untuk blogger yang memungkinkan kita secara maksimal mengoptimalkan kualitas SEO artikel supaya mudah muncul pada page one google maupun mesin pencari lainnya.

Ada beberapa tahapan dasar yang dapat diterapkan blogger ketika menulis artikel di blog berbasis blogspot. Sehingga artikel yang dibuat memenuhi standar SEO berdasarkan penilaian indikator atau analisis seperti pada penggunaan plugin yoast SEO di wordpress.

Yoast SEO untuk Blogspot

Pada dasarnya penggunaan yoast SEO untuk blogspot menurut tuturan omblogging pada salah satu artikelnya adalah dengan membuat artikel yang memenuhi standar SEO umum pada artikel blog.

Oleh karena itu sebelum lanjut mengenai cara menggunakan yoast SEO untuk blogspot yang saya maksudkan. Tahapan pertama yang perlu kita ketahui untuk mengoptimasi artikel blog supaya memenuhi standar SEO berdasarkan sistem kerja dari Yoast SEO ini adalah dengan membuat:

  1. Meta Description
  2. Custom Permalink (Url blog)
  3. Optimasi Konten (Isi Artikel)
  4. Optimasi Gambar

1. Membuat Meta Description

Di blogger untuk mengaktifkan meta description dapat dilakukan dengan mengaktifkan tag meta deskripsi. Sehingga pada saat melakukan posting artikel di blogger kita dapat memasukan deskripsi penelusuran yang dapat di custom sendiri dengan menargetkan deskripsi yang berisi fokus keyword juga pernyataan singkat tentang isi artikel.

Deskripsi penelusuran artikel ini berfungsi untuk memunculkan deskripsi singkat artikel blog pada hasil penelusuran mesin mesin pencari. Sehingga dapat memaksimalkan kualitas SEO artikel yang ditulis di blogger dan mampu mempersuasif calon pembaca / pengunjung.

Contoh penggunaan deskripsi penelusuran artikel di blogger bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

sumber gambar: sugeng.id

Untuk yang membutuhkan panduan mengaktifkan meta description di blogger bisa membaca ulasan berikut.

Baca: Cara Memasang Meta Description di Blogger

2. Custom Permalink (URL Blog)

Custom Permalink di blog adalah dengan mengubah URL default postingan blogger menjadi lebih sederhana dengan fokus keyword yang lebih tertarget. Umumnya permalink di blog akan mengikuti judul di dalam postingan artikel. Karenanya pada beberapa judul yang terlalu panjang biasanya akan membuat permalink blog menjadi terpotong.

Oleh karena itu, penyederhanaan permalink blog sebenarnya dimaksudkan untuk memfokuskan topik utama isi artikel ke dalam URL blog postingan sehingga URL blog menjadi lebih pendek dan memiliki fokus keyword yang lebih baik.

Untuk itu bagi yang belum tahu bagaimana mengatur permalink di blog bisa membaca salah satu ulasan Didin Ajidin di artikel blognya.

Baca: Cara Custom Permalink di Blogspot Agar Lebih SEO

3. Optimasi Konten (Isi Artikel)

Untuk memaksimalkan SEO artikel di blogger dan supaya konten artikel blog bisa mendukung SEO berdasarkan cara kerja Plugin Yoast SEO adalah dengan mengetahui penerapan fokus keyword / kata kunci yang diincar.

Beberapa penerapan yang dapat dioptimalkan di dalam konten artikel blog agar mendukung yoast SEO diantaranya adalah:

  1. Memfokuskan kata kunci 3 - 4 kata di awal judul postingan
  2. Menggunakan fokus kata kunci pada kalimat paragraf pertama
  3. Minimal satu dari tag h2 atau h3 terdapat fokus kata kunci yang diincar.
  4. Hindari Pemasangan internal link pada fokus kata kunci yang digunakan
  5. Pemasangan link keluar bisa dilakukan bisa juga tidak

5 penerapan di atas semuanya menitik beratkan pada fokus keyword (kata kunci) meski demikian kita juga tidak bisa memaksakan penggunaan kata kunci yang malah membuat judul artikel jadi kurang relevan. Selain itu, perlu juga kita menghindari penggunaan keyword yang menumpuk di dalam artikel sehingga malah membuat blog dianggap spam atau melakukan praktik SEO yang tidak sehat.

Keyword yang menumpuk dan diulang-ulang di dalam artikel blog bisa berakibat buruk bagi kualitas SEO. Sehingga penerapan fokus keyword yang dimaksudkan di sini adalah menerapkan penggunaan keyword secara natural sehingga tidak menghilangkan kualitas artikel blog yang ditulis.

4. Optimasi Gambar Postingan

Untuk mengoptimasi gambar postingan sederhananya dapat dilakukan dengan penggunaan gambar yang sesuai topik artikel, gambar diberi judul yang memiliki fokus kata kunci, dan memiliki ukuran size yang kecil namun tidak menghilangkan kualitas gambar.

Selain itu, untuk memaksimalkan SEO sebuah gambar di postingan artikel. Maka bisa dengan menambahkan alt title dan deskripsi pada  gambar postingan di blog.

Bagi yang tidak ingin ribet melakukan optimasi gambar secara manual. Mungkin bisa mengikuti ulasan blogger Gani Sebastian dari klikmania.com dengan mengikuti tautan di bawah. Bila anda ingin menjadikan gambar otomatis memiliki deskripsi postingan.

Baca: Cara Optimasi Gambar Otomatis SEO

Cara Menggunakan Yoast SEO di Blogspot

Menggunakan Yoast SEO di blogger tidak dapat diterapkan sebagaimana kita menerapkan Yoast SEO di blog berbasis wordpress. Oleh karenanya meski cara ini tidak memberikan penggunaan Yoast SEO secara maksimal layaknya di Wordpress.

Tetap saja setidaknya hal ini mampu memberikan 75% keampuhan plugin Yoast SEO untuk diterapkan pada postingan artikel di blogger atau blogspot dengan harapan mampu mendongkrak SEO artikel di mesin pencari.

1. Buka Yoast SEO Analysis

Untuk menggunakan Yoast SEO di blogger terlebih dahulu silakan kunjungi:

Melalui tautan di atas kita bisa menulis atau memasukkan artikel di sana lalu mengujinya dengan fokus keyword yang ditargetkan. Selanjutnya kita akan melihat indikator informasi yang diberikan oleh yoast analysis mengenai kualitas SEO dari artikel kita buat.


2. Tulis atau Paste Artikel ke Yoast SEO Analysis

Tulis atau Paste artikel anda pada kolom konten editor yoast analysis bisa dilihat seperti gambar di bawah ini:

Yoast SEO di Blogger

3. Edit Snippet atau Deskripsi dan Fokus Keyword

Silakan perhatikan pada snippet preview. Dalam snippet preview biasanya akan terdapat judul artikel, contoh permalink, dan deskripsi penelusuran.

Yoast SEO di Blogger: Penerapan dan Cara Menggunakannya

Untuk mengoptimasi judul artikel, permalink, dan deskripsi penelusuran dan mengujinya apakah standar yang diterapkan sudah mendukung SEO berdasarkan indikator yoast SEO. Maka masukkan terlebih dahulu fokus kata kunci yang ditargetkan. Lalu pilih edit snippet.

Edit snippet dilakukan untuk mengoptimasi pengaturan judul artikel blog, permalink blog, dan deskripsi singkat untuk penelusuran berdasarkan penggunaan kata kunci yang disasar.

Yoast SEO di Blogger: Penerapan dan Cara Menggunakannya

Jadi pada langkah ini silakan membuat deskripsi singkat untuk penelusuran artikel blog anda. Gunakan judul artikel yang mengandung 3 - 4 kata kunci dan buatlah custom permalink sederhana yang juga memfokuskan keyword yang menjadi sasaran anda.

4. Cek Idikator Analysis Yoast SEO Sudah Menjadi Hijau

Selanjutnya scroll mouse ke bawah lalu anda akan menemukan indikator yoast SEO seperti pada gambar di bawah ini:

Yoast SEO di Blogger: Penerapan dan Cara Menggunakannya

Silakan memperbaiki indikator yang berwarna merah sehingga berubah menjadi warna hijau. Pada gambar di atas saya mendapatkan 2 merah yakni pada pengaturan gambar dan internal link blog.

Hal tersebut tidak bisa diterapkan saat menulis artikel menggunakan Yoast SEO Analysis sebab pengaturan ini terjadi di luar blog yang kita gunakan. Oleh karenanya. Kedua masalah tersebut cukup diperbaiki pada konten editor yang ada di blogspot. Yakni dengan menambahkan gambar yang dioptimasi dengan keyword dan menambahkan satu internal link yang berasal dan menuju ke blog kita sendiri.

Cara Mengubah Indikator Yoast SEO Merah Menjadi Hijau

Indikator berwarna merah pada hasil analisis Yoast SEO adalah intruksi yang perlu dioptimasi. Intruksi ini biasanya berada di dalam artikel, judul, maupun pada deskripsi konten artikel yang kita buat.

Sehingga jika analisis yoast seo menunjukan inidkator merah kita bisa melakukan optimasi sampai mendapatkan indikator hijau. Misalnya jika mendapatkan keterangan "Fokus Keyword tidak terdapat di awal paragraf" maka untuk memperbaikinya kita hanya perlu menyisipkan fokus keyword pada awal paragraf sehingga indikator merah menjadi hijau.

Begitu pun jika mendapatkan indikator merah yang menerangkan bahwa judul terlalu panjang maka kita perlu menyederhanakan judul sehingga memenuhi unsur SEO berdasarkan klasifikasi tools Yoast SEO Analysis ini.

Apabila sudah berhasil mengubah indikator peringatan yang berwarna merah telah menjadi hijau. Selanjutnya silakan masukkan judul, isi konten artikel, custom permalink blog, dan deskripsi penelusuran yang sudah dibuat dari yoast seo analysis ke dalam postingan blogger.

Silakan untuk mulai menyesuaikan konten artikel anda berdasarkan analisis yoast seo, semoga berguna dan bermanfaat untuk anda.

N.B - Karena penggunaan Yoast SEO juga membutuhkan fokus keyword yang tertarget. Maka yang menjamin sebuah artikel blog menjadi SEO di mesin pencari bukan dikarenakan pemanfaatan yoast seo semata melainkan juga didukung oleh penggunaan keyword yang tepat.

Referensi:

  • https://faqontech.com/how-to-setup-yoast-seo-plugin-for-blogspot/
  • http://www.omblogging.com/yoast-seo-di-blogger/

2 komentar untuk "Cara Menggunakan Yoast SEO untuk Blogspot"