Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menjadi Youtuber Sukses Yang Berpenghasilan

Cara jadi youtuber sukses dan berpenghasilan di youtube pasti menjadi dambaan banyak youtuber. Meski untuk sukses dan mendapatkan banyak uang dari youtube bukanlah sebuah pekerjaan atau proses yang mudah.

Ini dikarenakan kita harus mencari dan menggunakan berbagai cara serta teknik apa saja yang bisa kita gunakan agar video yang kita buat bisa menjadi trending dan ditonton banyak orang di youtube.

Selain itu, kita juga harus pandai-pandai bertingkah dan berbicara sopan atau setidaknya tidak melebihi batas sesuai norma yang ada di indonesia atau daerah kita!

Sebab sikap adalah satu poin penting untuk menjaga citra diri kamu dalam mencapai cita-cita menjadi youtuber sukses di youtube dan berpenghasilan serta dihormati.

Cara Jadi Youtuber Sukses dan Berpenghasilan

Keinginan anda untuk menjadi sukses di youtube dan menjadi youtuber berpenghasilan! Jangan hanya dilakukan karena ingin mengejar pendapatan atau pemerolehan uang dari youtube.

Sebab jika kebablasan anda akan tersesat dan menggunakan segala macam cara untuk mendapatkan uang dari youtube. Salah satunya melakukan pencurian konten youtube dan melakukan upload ulang video yang terkadang diganti judulnya biar lebih ciamik dan bombastis.

Padahal justru dengan melakukan hal yang seperti ini, kita malah akan dinilai youtube sebagai seorang pelanggar! Dan kalau saja aktivitas seperti ini dilihat youtube karena kita melanggar pedoman hak cipta atas karya orang lain?

Maka jangan kaget bilamana kamu mendapatkan teguran keras dari youtube termasuk penutupan akun dan uang yang telah kita kumpulkan ditarik kembali karena kita dinilai telah melakukan pelanggaran dan pembayaran kita tidak sah.

Akhirnya yang tadinya berharap sukses melalui youtube dengan cita-citanya menjadi youtuber berpenghasilan menjadi sirnah dan pupus.

Baca Juga: Cara Buat Vlog yang Bisa Menjaring Banyak Penonton

Menjadi seorang youtuber sukses dan berpenghasilan. Kamu tidak harus berpikir yang instan-instan saja atau hanya bermental kerupuk dan malas berkarya!

Ini perlu dihindari karena setiap orang yang menjalani kehidupannya untuk mencapai sukses harus memiliki fokus, kegigihan, niat yang kokoh dan semangat yang tidak pernah putus.

Jika tujuan kita menjadi youtuber semata-mata hanya untuk mendapatkan uang atau tergiur dengan mudahnya youtuber-youtuber yang kita lihat di luar sana sukses memperoleh uang jutaan hingga puluhan jutaan perbulannya. Maka kita salah jika tujuan utama kita adalah itu.

Memang benar kita tidak boleh munafik bahwa melalui youtube kita bisa memperoleh uang karena kita bisa menjadi youtuber sukses dan berpenghasilan di sana.

Tetapi pemikiran instant yang mengatakan memperoleh uang dari youtube mudah adalah stereo tipe atau anggapan dasar yang tidak harus menjadi acuan dan pedoman kita.

Ini dikarenakan tidak benar bahwa menjadi sukses di youtube itu mudah.

Sebab di sana ada banyak tantangan, kita dituntut kreatif dan tentunya dituntut untuk mampu bersaing dan memiliki posisi teratas atau setidaknya mencapai posisi yang cukup tinggi.

Untuk mencapai posisi yang tinggi itu kita harus mampu mendapatkan pengikut sebanyak mungkin. Semakin banyak maka semakin dekat lah kita dengan harapan itu. Tapi selalu diingat tidak mudah mencapai posisi itu!

Saya bukan menakut-nakuti tetapi inilah kenyataannya! Bahkan saya yakin kamu mungkin pernah dengan sengaja mencari artikel-artikel online terkait cara mendapatkan $100 dollar perhari dari youtube, supaya dapat menerima gaji dari youtube setiap bulan termasuk cara sukses menjadi youtuber.

Diantara artikel-artikel yang kamu cari pasti sudah kamu coba menjalankan teknik-teknik tersebut beberapa diantaranya! Tapi kamu masih tidak bisa mencapai itu bukan?

Itulah alasan mengapa kamu nyasar dalam tulisan saya dan sekarang mulai memahami bahwa menjadi youtuber sukses di youtube bukan perkara yang mudah untuk dilakukan.
Cara Jadi Youtuber Sukses dan Berpenghasilan
screenshot komentar pengunjung matahaya.com
Saya pernah mendapatkan seorang pengunjung blog saya mempertanyakan hal yang sama mengenai judul tulisan ini!

Dan dari pertanyaan dia jugalah, membuat saya menulis artikel ini menjawab pertanyaan tersebut sekaligus menyampaikan pendapat-pendapat saya untuk hal ini.

Ada banyak poin dan persoalan yang harus dicermati untuk kita yang ingin mencapai atau mencoba menjadi youtuber sukses yang berpenghasilan.

Poin-poin tersebut diantaranya adalah:

1. Ketahui Jenis Karya seperti apa yang akan kamu buat di youtube?


Ini seharusnya menjadi pertanyaan utama calon youtuber pemula yang ingin menjadi youtuber sukses dan berpenghasilan di youtube.

Beberapa orang menyarankan sebaiknya membuat video youtube yang original sebanyak-banyaknya dan melakukan upload ke youtube.

Tapi apakah benar dengan membuat video sebanyak-banyaknya saja?

Jawabannya tidak selalu harus benar!

Karena kita terlebih dahulu harus membangun fondasi yang kuat sebelum melakukan upload sesuka hati yang penting videonya original. Kita harus mempelajari banyak hal termasuk melihat potensi diri kita sendiri. Ada bakat apa saja yang ada di diri kamu?

Cari itu terlebih dahulu, sebab mencapai sukses di youtube adalah bagaimana kamu menyalurkan hobi, bakat, dan keahlian kamu. Sehingga kamu akan tahu konten apa sebaiknya yang kamu buat di youtube.

Misalnya jika kamu punya bakat menyanyi! sering mengikuti lomba nyanyi tingkat sekolah, universitas, bahkan ibu kota dan sering mendapatkan juara. Maka kamu bisa mencoba jenis video music cover dan membuat videonya.

Bahkan kalau kamu punya bakat memainkan alat musik itu akan menjadi nilai tambah yang luar biasa.

Sementara kalau kamu tidak bisa memainkan alat musik! Maka kamu bisa mencari teman yang pandai memainkan alat musik atau bisa membuat musik dan kamu yang jadi pengisi vocal atau penyanyinya.

Namun jika kemudian ternyata kamu tidak bisa membuat video? ini bukan menjadi hambatan yang besar.

Carilah teman yang bisa membuat video atau mengedit video. Kemudian kamu bisa mengajak mereka dan membuat TIM bersama-sama untuk membuat satu channel youtube untuk menunjukkan bakat yang kamu dan teman-temanmu miliki.

Baca juga: Tips Agar Bisa Membuat Video Youtube Sendiri

Intinya kamu harus bangun prinsip dan kerja sama tim yang solid untuk mencapai kesuksesan. Meski bisa saja kamu lakukan semuanya secara mandiri. Semua tergantung keputusan kamu.

Jadi untuk melihat jenis video seperti apa nantinya yang akan kita upload ke youtube!

Kita terlebih dahulu harus melihat minat, bakat dan hobi terbesar yang ada di dalam diri kita. Kemudian potensi-potensi itu dikembangkan, diasah dan melahirkan karya melalui video.

Kalau kamu tidak bisa menyanyi! Maka carilah sesuatu yang sesuai dengan keahlian kamu. seperti jika kamu memiliki keberanian dan suka usil, maka mencoba membuat video-video prank seperti mengerjai orang, teman, dan keluarga. Bisa menjadi pilihan yang juga bagus.

Intinya untuk sukses dengan youtube kamu harus menantang batas kemampuan kamu termasuk menantang harga diri kamu.

Pelajarilah jenis-jenis video yang ada di youtube! Dan ikuti saja mana yang paling dekat dengan keahlian, bakat, dan hobi yang kamu miliki. Tentukan itu sekarang sebelum kamu lanjut ke tahap berikutnya!

Berikut beberapa niche youtube yang bisa anda pilih, lihat jenis video (vlog) mana yang bisa dengan nyaman anda lakoni.

  • Video prank
  • Video tutorial
  • Video lucu
  • Video tentang game seperti aksi bermain game
  • Video review
  • Video Travel (Jalan-jalan)
  • Video parodi
  • Video fakta unik
  • Video cover lagu
  • Video Tutorial kecantikan
  • Video tentang anak
  • Video Tips serta masih banyak lagi

Sebagai referensi silakan baca: Pengertian dan Jenis Vlog Pada Umumnya serta Manfaatnya Bagi Youtuber, di sana saya mengulas tentang jenis vlog dan manfaat yang bisa di dapatkan bagi seorang youtuber.

2. Jangan Bersembunyi,  Jadilah Diri Sendiri dan Percaya Diri


Bagi kamu yang ingin menjadi youtuber sukses, terkenal serta berpenghasilan! Kamu harus tampil percaya diri dan jangan menyembunyikan identitas.

Seharusnya anda menunjukkan diri secara jujur agar penonton bisa menerima dan mempercayai apa yang anda bicarakan. Ini sangat penting bagi anda sehingga penonton bisa lebih jauh mengenal dan menaruh respek kepada anda bila konten yang dibagikan positif, bermanfaat, juga unik.

Oleh karena itu jadilah diri sendiri dengan rasa percaya diri untuk membangun kepercayaan penonton anda.

Meski terlihat sepele anda tidak boleh mengacuhkan poin ini. Karena dalam dunia usaha dan bisnis! orang-orang mencapai sukses ketika mereka tampil percaya diri dan menjadi diri mereka sendiri serta menjadi orang yang dapat dipercaya.

3. Perhatikan kualitas video serta audio dari video yang anda upload ke youtube


Menjadi sukses di youtube itu tidak mudah dan sesimpel yang kita pikirkan. Kita harus mampu menyajikan konten video yang berkualitas. Baik kualitas isi video serta kualitas video dan audionya.

Kamu mungkin pernah menonton sebuah video di youtube yang kualitasnya jelek karena suara / audionya nggak jelas karena terdapat banyak noise termasuk resolusinya pun membuat sakit mata.

Apa yang dirasakan jika mendapat konten video seperti itu? Pasti anda akan cepat-cepat meninggalkannya dan mencari video lain yang lebih nyaman bukan?

Jadi, di sini sebenarnya kita belajar bagaimana memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan dalam hal ini adalah penonton video anda.

Analoginya selama anda mampu memanjakan pelanggan dengan menyajikan jasa atau produk yang memiliki kualitas baik atau kualitas yang sangat tinggi maka hal tersebut akan membuat pelanggan percaya dengan produk yang anda tawarkan.

Jadi mulailah untuk memberikan kenyamanan bagi penonton video anda dengan menyajikan kontan video yang memiliki kualitas baik sehingga mereka nyaman dan tidak risih menonton video yang kamu tayangkan di saluran youtube yang kamu miliki.

4. Jadwalkan Waktu Upload Videomu dengan Konsisten


Setiap hari mungkin penonton atau viewers yang sudah mengikuti kamu akan menunggu video update kamu yang terbaru. Apa jadinya jika mereka menunggu satu minggu, sebulan, dua bulan, namun kita nyatanya belum meng-upload video terbaru di channel kita.

Bisa jadi mereka yang sudah mengikuti dan berlangganan video youtube kita malah berhenti dan membatalkan keinginan mereka mengikuti video-video kita gara-gara mereka menganggap kita tidak lagi aktif.

Oleh karena itu jika anda benar-benar ingin menjadi youtuber sukses anda tidak harus selalu merasa puas dengan sudah memiliki jumlah tayangan video yang banyak.

Ada harus semaksimal mungkin menjaga hati pelanggan youtube anda sehingga tidak kabur ke tempat lain.

Membuat penonton youtube anda senang adalah langkah terbaik yang perlu dilakukan secara konsisten.

Oleh karena itu, jika anda belum bisa mengupload video secara rutin beritahu informasi itu ke penonton anda.

Penting! Jangan dilewatkan:

5. Pelajari Teknik SEO atau lakukan Optimasi pada Video yang Kamu Buat


Teknik SEO atau Optimasi Video agar muncul di halaman pencarian teratas adalah rahasia terbesar oleh banyak YouTuber sukses.

Ini dikarenakan persaingan untuk mencapai posisi teratas adalah sebuah potensi besar supaya memiliki jaminan penghasilan lebih besar lagi karena kita secara tidak langsung mendapatkan pelanggan atau penonton yang banyak.

Teknik SEO YouTube adalah cara bagaimana kita melakukan Optimasi pada konten video yang kita bagikan di youtube supaya memiliki rangking teratas pada pencarian YouTube.

Misalnya ketika seseorang sedang mencari "Cara Jadi Youtuber Sukses yang Berpenghasilan" mereka akan menemukan satu video di posisi teratas youtube. Jika video anda bisa mencapai posisi teratas!

Maka akan sangat berpotensi video anda di nonton banyak orang di youtube.

Setiap orang memiliki cara dan tekniknya sendiri-sendiri dalam mengupayakan SEO pada konten yang mereka bagikan di internet.

Beberapa teknik umum untuk mengoptimasi SEO video youtube anda supaya banyak penontonnya dapat mengikuti panduan dalam ulasan berikut:

5.1 Melakukan Optimasi Pada Judul Video yang Dibuat


Melakukan Optimasi pada judul video yakni dengan mengubah judul video atau mengisi deskripsi video berisi kata kunci khusus yang banyak digunakan orang dalam melakukan pencarian di internet.

Kata kunci inilah yang menjadi poin utama pengunjung youtube akan digiring ke video yang kita buat ketika mereka melakukan pencarian di kolom search youtube.

Penting diingat bahwa melakukan optimasi 'kata kunci' pada judul video youtube sangat penting dilakukan bagi anda yang membuat jenis vlog How-To atau vlog tutorial maupun review.

Misalnya: vlog tentang cara memasak, vlog review HP atau gadget, serta vlog tentang tutorial.

Jenis-jenis vlog How-To tersebut jika tidak di optimasi dengan kata kunci yang tepat maka akan sulit ditemukan melalui pencarian youtube dikarenakan banyaknya persaingan.

5.2 Melakukan Optimasi Pada Thumbnail Video Youtube


Kedua melakukan Optimasi Pada Thumbnail Video adalah dengan membuat Thumbnail khusus yang menarik dan unik.

Ini dikarenakan seseorang kadang lebih tertarik pada gambar thumbnail sebuah video ketimbang melihat judul video tersebut.

Jadi dengan membuat thumbnail video yang menarik terkadang akan sangat bagus untuk meningkatkan jumlah pengunjung atau penonton untuk menyaksikan video yang anda bagikan di youtube.

Salah satu contoh thumbnail youtube yang menarik bisa anda lihat seperti pada gambar di bawah:
Cara Jadi Youtuber Sukses dan Berpenghasilan
contoh thumbnail youtube yang baik
Dengan membuat thumbnail yang menarik! Maka video youtube anda akan lebih banyak dilirik sehingga berpotensi mendapatkan banyak penonton.

Hal ini penting anda lakukan dikarenakan youtube lebih mengutamakan aspek visual.

Untuk membuat thumbnail youtube yang menarik, silakan menonton tutorial cara membuat thumbnail youtube secara mudah menggunakan android pada video berikut:
Ada banyak hal terkait optimasi sebuah konten youtube dan Teknik SEO YouTube yang dapat dipraktekan.

Namun mungkin hanya dua itu saja yang bisa saya bagikan saat ini. Teknik lainnya dapat kamu pelajari sendiri seiring kamu berproses dan meniti karir di youtube menjadi youtuber.

Baca Juga: Peluang Usaha Mandiri Melalui Youtube

Simpulan

Untuk menjadi youtuber sukses yang berpenghasilan di youtube ada jalan panjang yang harus kita lewati: membangun fondasi dan visi-misi yang kuat, memiliki fokus dan tujuan yang jelas, tidak mudah menyerah, tangguh dan gigih, terus belajar dan mempelajari perkembangan informasi termasuk mempelajari berbagi teknik SEO youtube untuk mendongkrak laju viewers video yang kita posting di youtube.

Jangan mudah menyerah! pantang mundur sebelum sukses.

Setelah membaca dan menerapkan beberapa poin yang ada dalam tulisan di atas silakan sampaikan komentar dan pengalaman yang kamu dapatkan.

Ceritakan bagaimana pengalaman anda sebagai youtuber pemula dan bagaimana strategi anda untuk menjadi sukses di youtube. Mari berbagi...

2 komentar untuk "Cara Menjadi Youtuber Sukses Yang Berpenghasilan"