Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif

Halo friends... Mendekati akhir tahun 2017 dan sekarang sudah masuk di tahun 2018 nampaknya youtube melakukan perubahan dan kebijakan baru yang sangat selektif.

Berita adanya peraturan dan kebijakan baru dari youtube telah menyita banyak perhatian youtuber terutama para youtuber pemula.

Bahkan berita ini pun sudah sangat populer dan hangat diperbincangkan oleh kalangan youtuber yang masih memiliki jumlah subscriber di bawah 1.000.

Berita tersebut adalah pada tanggal 20 Februari 2018 nanti setiap kanal atau channel youtube yang tidak memenuhi syarat dengan mendapatkan 4.000 jam tonton dalam satu tahun terakhir dan memiliki 1.000 subscriber maka secara otomatis kanal youtube yang bersangkutan tidak lagi dapat menayangkan iklan google adsense pada video youtube mereka.

Hal ini pun berlaku untuk setiap calon publisher adsense youtube dimana hanya bisa mengajukan permohonan adsense apabila channel youtube mereka telah mencapai 1.000 subscriber dan telah memiliki 4.000 jam ditonton dalam satu tahun terakhir. Luput dari itu maka permohonan tidak dapat diajukan.

Baca Juga: Cara Agar Vlog atau Video Youtube Banyak yang Nonton
Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif
aturan youtube 2018 mencekik
Jika pada beberapa tahun lalu youtube memberlakukan pengajuan adsense bisa dilakukan apabila channel youtube penggunanya telah mencapai minimal 10.000 view.

Maka pada tahun 2018 ini semuanya berubah menjadi 4.000 jam total video kanal youtube ditonton dalam satu tahun terakhir dengan subscriber sudah harus mencapai 1.000 subs terlebih dahulu.

Jika, kanal youtube tidak lagi memenuhi syarat dan ketentuan baru ini. Secara otomatis iklan adsense akan dihentikan tayang hingga kanal youtube memenuhi syarat dari peraturan baru yang berlaku saat ini.
Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif
peraturan baru adsense youtube 2018
Kebijakan ini sebenarnya cukup baik dalam menjaring konten kreator untuk lebih bertanggungjawab dalam membagikan konten video yang berkualitas juga mampu menjaring banyak penonton dan subscriber ke channel youtube mereka.

Hal ini bisa dimungkinkan sebagai antisipasi youtube untuk lebih selektif dalam menyeleksi channel youtube yang berkualitas dan memiliki konten yang baik dan layak untuk dimonetisasi.

Apalagi melihat kondisi peryoutuban di indonesia saat ini! Sudah cukup miris karena ditunggangi youtuber-youtuber tidak bertanggungjawab yang melakukan reupload dan pencurian konten digital.

Meski sebenarnya tujuan kebijakan ini untuk menyeleksi konten dan channel youtube yang positif dan baik. Nyatanya ini tetap saja membuat sedih beberapa youtuber yang hanya memiliki ratusan subscriber dengan tayangan video yang mungkin baru beberapa ribu.

Memang Nasib youtuber pemula maupun youtuber kecil. Akan tersisihkan jika peraturan ini diberlakukan.

Akibatnya setiap konten atau kanal youtube yang tidak lagi memenuhi syarat pada tanggal 20 Februari 2018 nanti tidak lagi dapat menayangkan iklan adsense di video youtube mereka.

Hal ini dapat kita lihat pada pernyataan kebijakan baru youtube yang sudah saya screenshot untuk teman-teman membacanya lebih jelas (tab gambar dua kali untuk menampilkan tampilan dan resolusi yang lebih besar HD). 
Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif
Beruntung jika Kanal Youtube telah memiliki lebih dari 1.000 subscriber, sebab mereka hanya perlu meningkatkan jumlah waktu tontonan video mereka dihitung secara keseluruhan dalam waktu satu tahun minimal 4.000 jam tontonan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya pada tulisan di atas. 

Namun bagaimana dengan youtuber yang kanal youtube-nya hanya memiliki jumlah waktu tayangan dan subscriber yang masih minim seperti terlihat pada gambar berikut?

Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif
Melihat kondisi yang seperti ini membuat seorang youtuber harus bersabar dan terus bekerja keras untuk menciptakan konten-konten berkualitas agar mendapatkan banyak subscriber dan jumlah jam tontonan supaya Kanal Youtube mereka dapat terus menayangkan iklan dan dapat memenuhi peraturan dan kebijakan baru youtube adsense yang sudah sangat selektif.

Baca Juga:

So... karena youtube makin selektif maka tanggung jawab youtuber di kancah persilatan online youtuber indonesia menjadi perhatian serius supaya tiap youtuber bisa menjadi positif dalam berkarya, semangat, termotivasi untuk menjadi lebih baik, berkarya lebih giat, semangat berproses, pantang menyerah, dan terus maju hingga mencapai apa yang dicita-citakan sebagai youtuber dan pemain publisher adsense video / vlog.

Barangkali hanya itu celoteh saya hari ini! 

Kamu punya tanggapan?

Ayo berkomentar sampaikan alasan dan pendapat kamu mengapa youtube menerbitkan kebijakan ini?

Apakah kamu setuju atau menolak?

Sampaikan alasan kamu! 

Apa yang bisa kamu berikan untuk memotivasi youtuber dan konten kreator lain yang saat ini mungkin sedang down karena Kanal Youtube milik mereka belum mencapai target yang disyaratkan youtube?

Stay positif... Yuk... diskusi!

Posting Komentar untuk "Peraturan Baru Youtube 2018 Jadi Lebih Selektif"