Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahaya Penggunaan Musik dan Video Berlisensi di Youtube

Siapa yang tidak kenal youtube? nggak mungkin kalau nggak ada yang kenal. Bagi anda yang saat ini sedang demam youtube dan membuat konten-konten video di youtube mungkin sudah tidak asing lagi dengan pengertian Hak Cipta dan Copyright bukan?

Bahaya Penggunaan Music dan Video Berlisensi di Youtube

Yap..., Banyak orang yang bertanya-tanya terutama bagi youtuber pemula apa itu copyright youtube? apa itu pelanggaran hak cipta di youtube? mengapa video saya terkena copyright? dll.

Bagi teman-teman yang belum tahu mungkin hal tersebut akan sangat menggelisahkan, bagaimana tidak video yang capek-capek kita buat tiba-tiba di-blacklist youtube bahkan sampai pada masalah yang lebih fatal akun youtube anda ditangguhkan oleh pihak youtube hanya karena masalah copyright.

Apa itu Copyright Youtube?


Copyright youtube adalah salah satu istilah yang digunakan untuk menggambarkan perlindungan terhadap sebuah karya orang lain sehingga erat kaitannya dengan hak cipta atau perlindungan hak cipta.

Hak cipta sendiri adalah hak terhadap hasil karya atau penciptaan intelektual dalam bentuk seni, musik, tulisan, dll.

Oleh karena itu terkait dengan youtube, jika suatu waktu teman-teman pernah membuat video dan memuat materi dalam hal ini (video dan musik) yang merupakan hasil karya orang lain, kemudian ditayangkan di channel youtube teman-teman tanpa ada izin terkait dari pembuat konten aslinya.

Maka sobat telah melakukan pelanggaran hak cipta dan akan terkena sanksi copyright sebagaimana telah dijelaskan oleh youtube.

Adapun alasan dan tujuan copyright dibuat untuk melindungi secara hukum hak intelektual suatu kepemilikan. Artinya: setiap karya yang kita buat keorisinalitasnya akan terjaga sehingga karya kita akan terbebas dari pencurian konten, terutama di dunia digital seperti di youtube.

Lebih jelas lagi youtube telah menjelaskan konten apa saja yang memenuhi syarat perlindungan hak cipta di antaranya:

  • Karya Audiovisual, seperti program TV, Film, dan Video Online
  • Rekaman Suara dan Komposisi Musik
  • Karya Tulis: Buku, Jurnal, Artikel, dll
  • Karya Visual: Lukisan, Poster, dan Iklan
  • Video Game dan Perangkat Lunak/Software Komputer
  • Karya Drama: Seperti Drama dan Musikal

Sekarang sudah tahu bukan? Apa itu copyright youtube?
Okelah saya anggap penjelasan singkat mengenai apa itu copyright youtube bisa bermanfaat. Lantas mungkin saja akan muncul beberapa pertanyaan lain dari teman-teman.

Lantas bagaimana menghindari Pelanggaran Hak Cipta atau Copyright tersebut?

Cara Pertama:

Jawaban paling sederhana terkait pertanyaan tersebut adalah dengan membuat konten yang original, dan jika suatu waktu terpaksa kita menggunakan musik dan video yang berhak cipta dalam video yang kita buat. Sebisa mungkin untuk memperoleh izin dari pembuat konten atau pihak yang memiliki wewenang atau hak cipta terhadap musik dan video yang kita ambil.

Biasanya pemilik hak cipta akan mengizinkan musik atau video mereka anda muat di dalam video youtube anda dengan syarat menyertakan credit title atau informasi terkait karya mereka yang ikut anda tayangkan atau tampilkan dalam video anda.

Cara Kedua:

Untuk musik sebaiknya menggunakan musik yang free lisensi atau yang dibagikan secara free. Musik-musik free tersebut yang akan menjadi sound efeck dalam video anda, dapat anda dapatkan secara gratis melalui layanan youtube editor serta beberapa layanan lain yang menyediakan musik-musik free.

Apa yang terjadi jika Channel Youtube kita Terkena Copyright?

Umumnya ketika channel youtube kita terkena copyright, maka kita akan mendapatkan teguran awal dari youtube untuk segera memperbaiki konten atau video yang kita upload. Seperti menghilangkan bagian video yang terkena copyright.

Umumnya yang terjadi adalah pelanggaran terhadap penggunaan audio / musik berlisensi. Jika demikian maka segara edit kembali video anda dan ganti musiknya dengan musik / audio yang tidak berlisensi. kemudian upload kembali.

Selain itu setiap video yang terkena copyright, imbasnya adalah beberapa fitur akun youtube kita akan dimatikan sementara waktu sampai masa tenggang pelanggaran yang kita lakukan lewat.

Biasanya penangguhan tersebut terjadi sekitar 2 minggu atau 6 bulan tergantung seberapa berat pelanggaran yang anda lakukan.

Bahkan pada kasus yang paling berat channel anda akan dimatikan atau ditangguhkan selamanya. Isi teguran biasanya seperti gambar di bawah ini:

Bahaya Penggunaan Music dan Video Berlisensi di Youtube

Oleh karena itu, jika anda tidak ingin menerima teguran dari youtube karena pelanggaran hak cipta atau teguran dan sanksi copyrigt, maka sebaikanya dalam membuat konten video di channel youtube anda.

Usahakan selalu menyajikan konten-konten yang original atau tidak berlisensi.

Demikian semoga ulasan ringkas di atas dapat memiliki manfaat untuk teman-teman yang saat ini sedang belajar bagaimana cara mendapat uang di youtube dengan menghindari penggunaan konten digital orang lain tanpa izin.

Terima kasih! Sukses selalu untuk anda...

2 komentar untuk "Bahaya Penggunaan Musik dan Video Berlisensi di Youtube"

  1. Apabila sudah terlanjur dihapus oleh pihak YouTube dan terkena sanksi selama 3bulan apakah semua video dichanel tetap bisa dimonetisasi apa tidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk masalah itu sepertinya tergantung pelanggarannya berat atau tidak, kalau pelanggarannya masih ringan umumnya kita hanya akan dikena teguran dari youtube untuk segera memperbaiki video yang terindikasi copyright, tetapi jika pelanggarannya berat maka biasanya akun akan ditangguhkan dan kita tidak dapat memonetisasi video lagi. Tetapi jika menu monetisasi masih aktif maka kategori pelanggarannya masih ringan agan hanya perlu memperbaiki konten dan berusaha untuk tidak melanggar lagi. Semoga menjelaskan. Baca TOS adsense youtube biar lebih jelas...

      Hapus