Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Blogger

Blog adalah kependekan dari Web Log, Istilah ini pertama kali digunakan oleh Jorn Barger pada tahun 1997. Istilah Weblog menurut Jorn Barger adalah kelompok website pribadi yang selalu diupdate secara berkala, berisi link-link website lain yang mereka anggap unik disertai dengan komentar-komentar mereka sendiri.

Sementara Eko Candra dalam blognya menyebutkan Blog adalah sebuah diary atau catatan pribadi yang disimpan secara online dan umumnya bersifat terbuka bagi siapa saja yang ingin membacanya. Termasuk bisa berisi kutipan dari sumber lain yang sengaja dipublikasikan kembali.

Berdasarkan pendapat di atas. Maka Blog atau Web Log dapat kita artikan sebagai kumpulan website pribadi yang memungkinkan para pembuatnya menampilkan berbagai jenis isi pada web dengan mudah dan lebih bebas. Seperti membagikan artikel atau karya tulis, menautkan link-link bermanfaat di internet, dokumen, video, musik, dll.

Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Blogger

Namun seiring perkembangannya, dewasa ini blog mulai diarahkan secara kreatif dan tidak hanya dijadikan sebagai diary atau catatan online pribadi di internet.

Blog kini telah banyak diarahkan layaknya seperti sebuah website pada umumnya dan berisi informasi mengenai sebuah komunitas, informasi usaha, jasa atau layanan instansi tertentu, sumber referensi: tutorial, artikel ilmu pendidikan, sains, teknologi, dan masih banyak lagi.

Sehingga pengertian blog saat ini tidak lagi semata-mata diartikan sebagai sebuah media online yang hanya dimanfaatkan sebagai diary online atau dikelola mandiri.

Melainkan telah mengalami banyak perubahan dan telah menjadi sebuah media berpromosi, berbagi ilmu dan segala sesuatu yang bermanfaat kepada banyak orang melalui internet serta dapat dikelola sendiri maupun bersama tim atau komunitas.

Fungsi Blog

Melihat ulasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa blog berfungsi sebagai media online layaknya seperti sebuah website dan dapat difungsikan sebagai media berpromosi, menjalankan usaha online, dan berbagi ilmu serta dapat dijadikan sebagai sumber referensi kepada pembaca.

Manfaat Blog

Memiliki sebuah blog, berarti kita memiliki tanggung jawab terhadap setiap konten yang disajikan di dalam sebuah blog. Konten yang bermanfaat dan tidak bermanfaat akan memiliki cerita yang berbeda terkait manfaat yang nantinya bisa kita dapatkan dari blog.

Oleh karena itu Manfaat Blog hanya bisa didapatkan apabila blog dikelola secara bijak dalam menyajikan konten-konten yang memiliki nilai edukasi dan bermanfaat bagi pengunjung atau pembaca blog.

Artinya jika Blog dikelola secara positif, maka beberapa manfaat ini akan didapatkan dan dirasakan oleh si pemilik blog. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Mengasah Kemampuan Menulis

Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Blogger

Sadar tidak sadar memiliki sebuah blog akan menularkan sebuah virus manfaat yang baik bagi penggunanya. Salah satu manfaat tersebut adalah blog akan melatih penggunanya untuk memiliki keahlian atau kemampuan menulis yang secara kontinu diolah dari waktu ke waktu dan menjadi semakin baik.

Manfaat ini tidak serta merta didapatkan oleh seorang blogger dari blog yang dimiliki nya apabila dia tidak memiliki tanggung jawab dan nilai moral yang tinggi untuk menghargai dirinya.

Manfaat ini hanya akan diperoleh oleh seorang blogger dari blog yang dimilikinya bilamana dia tahu bahwa dengan memiliki blog dia harus siap menulis konten untuk blognya secara mandiri.

Termasuk rajin menambah referensi bacaan dan menulis konten blog secara mandiri. Tidak melakukan tindakan copy paste.

2. Mengasah dan Menambah Wawasan Berpikir

Memang benar bisa dibilang ini terjadi tanpa kita sadari. Meski demikian bukan berarti kita tidak mengetahui hal ini. Setiap blogger pasti menyadari bahwa hampir setiap hari dia belajar dan membaca berbagai referensi untuk keperluannya menulis sebuah artikel yang menarik berdasarkan ilmu dan dari referensi yang jelas atau berisi kajian dan informasi yang faktual.

Kebiasaan menulis tersebutlah yang akhirnya melahirkan gagasan-gagasan baru, menumbuhkan kreativitas berpikir, terutama kemampuan kognitif dalam berkomunikasi atau dalam berbahasa tulis. Hal inilah yang kemudian menjadikan pemilik blog menjadi lebih luas wawasan berpikir dan cara pandangnya terhadap suatu persoalan.

3. Media Curhat untuk Menuliskan Keluh Kesah dan Mendapatkan Teman

Terkadang saat seseorang suntuk dan galau misalnya. Mereka memerlukan teman untuk dapat memberikan mereka masukkan atau saran dari persoalan yang mereka miliki. Meski demikian terkadang pula ada orang yang ketika ingin menyampaikan keluh kesahnya dia tidak memiliki seorang teman yang dapat diajak bicara.

Akhirnya ia kemudian menuliskan apa yang dia rasakan ke dalam buku diary pribadinya. Tetapi ada juga mereka yang malah berani menuliskan curhatan mereka ke dalam sebuah tulisan di blog dan mendapat tanggapan dari pembaca blog mereka.

Lambat laun akhirnya mereka merasa memiliki teman online yang bisa mereka ajak bicara dan berbagi pendapat tentang persoalan yang mereka hadapi.

Kalau kamu merasa demikian, sebaiknya buatlah blog dan menulis kisah dan cerita mu sendiri di sana. Sebab, menulis bisa mengasyikkan karena kamu akan banyak belajar dan berkenalan dengan banyak orang (blogger lain).

Baca Juga:

4. Media untuk Melakukan Promosi Secara Online dan Toko Online Gratis

Beberapa manfaat lain yang dapat diperoleh dari blog adalah dengan menjadikan blog kita sebagai media untuk promosi atau beriklan.

Hal ini tentu saja bisa dimanfaatkan bagi teman-teman yang ingin mempromosikan produk jualan termasuk menjadikan blog sebagai website toko online yang menjual beberapa produk tertentu.

Ini dapat dilakukan bila kita bisa mengisi profil, dan beberapa informasi lain dengan jelas. Sehingga memudahkan pembaca memahami isi promosi atau toko online kita lalu menelusuri lebih lanjut media promosi atau toko online dari blog yang kita miliki.

5. Sebagai Mesin Penghasil Uang (Make Money Online)

Ini agak cukup menegangkan bukan? Tapi, begitulah manfaat blog. Kalau kita mau menyempatkan diri untuk membaca dan mencari informasi lebih lanjut. Kita akan mendapatkan banyak informasi atau kisah sukses seseorang sebagai blogger.

Mereka menjadi jutawan hanya karena memiliki sebuah blog. Ini dikarenakan mereka mengerti bagaimana blog bermanfaat bagi mereka sebagai mesin penghasil uang!

Atas dasar itulah mereka mengelola dan mengembangkan blog mereka agar bermanfaat dan banyak dicari oleh pembaca. Sehingga mereka dapat memanfaatkan blog yang mereka miliki sebagai asset atau mesin uang online melalui media periklanan seperti google adsense, dll.

Selain melakukan monetisasi konten blog. Blogger juga memiliki kesempatan mencoba berbagai bisnis afiliasi (affiliate marketing) seperti program CPA Marketing melalui Dr.Cash.

Secara singkat Dr.Cash adalah salah satu afiliasi CPA terbesar 'the nutra vertical' di seluruh dunia. Seorang webmaster termasuk blogger dapat mendaftarkan diri mengikuti afiliasi CPA tersebut lalu memilih produk yang ingin ia iklankan.

Blogger akan menerima komisi sesuai tarif yang ditetapkan dalam program afiliasi oleh advertiser apabila berhasil melakukan penjualan dari produk yang ia pasarkan. Saat ini kurang lebih terdapat 2402 penawaran nutra yang tersedia, 46 jenis produk kecantikan dan kesehatan.

Sistem pembayaran afiliasi CPA Dr.Cash akan dilakukan setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. diantaranya jika menggunakan:
  • ePayments, Paxum akan dibayarkan mulai $ 50.
  • Paypal mulai $ 50 (dengan komisi 3%)
  • Transfer Kawat mulai dari $ 1500 (jika kurang, maka komisi 3%).
Setiap pembayaran akan menunggu kurang lebih sekitar 2 minggu, namun ada kemungkinan penangguhan tersebut dapat dihapus sesuai letak geografis negara di seluruh dunia.

Dengan memanfaatkan kegiatan monetisasi dan afiliasi maka dengan memanfaatkan blog blogger mampu menjadikan blog sebagai menjadi mesin penghasil uang online bahkan bisa memberikan mereka pendapatan jutaan hingga puluhan juta dari blog.

Namun tidak semua mampu atau dapat menciptakan blognya menjadi bermanfaat sebagai mesin penghasil uang dari internet. Sebab penggunanya harus bekerja keras tanpa menyerah sampai suatu waktu dia mendapatkan hasil yang dia inginkan.

Baca Juga:
Mungkin masih banyak lagi manfaat dari blog yang belum atau tidak disebutkan dalam postingan kali ini. Oleh karena itu jika dari sobat yang memiliki informasi lain atau ingin menambahkan dan mengkoreksi atau mengomentari postingan ini sangat kami hargai. Sebab kritik dan saran yang diberikan akan menjadi ilmu dan sumber informasi yang dapat bermanfaat untuk pengembangan blog ini ke depannya.

Selamat membaca semoga informasi mengenai "Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaat Blog" dalam postingan di atas memiliki faedah dan bermanfaat untuk anda. Sekian dan Terima Kasih.

Posting Komentar untuk "Pengertian Blog, Fungsi, dan Manfaatnya Bagi Blogger"