Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa Saja Syarat-syarat untuk Menjadi Blogger?

Hallo, ketika anda membaca tulisan saya ini. Saya yakin anda adalah seorang yang sedang ingin belajar dan sedang bertanya-tanya. Apakah ada syarat khusus untuk menjadi seorang blogger atau narablog?

Sebenarnya kita jujur saja, tidak ada syarat khusus untuk menjadi seorang blogger maupun narablog. Semua orang boleh menjadi blogger dan memang tak ada larangannya sama sekali. Kita tidak butuh lisensi khusus untuk menjadi blogger. Sebab blogger hanyalah seorang penulis konten di internet. Hanya saja menjadi seorang blogger termasuk jika ingin menjadi blogger sukses ada syarat yang harus dipenuhi, terutama adalah bertanggung jawab dan bijak.

Baiklah menghimpun dari berbagai sumber dan pendapat pribadi, berikut syarat-syarat utama untuk menjadi blogger.

Apa Saja Syarat-syarat untuk Menjadi Blogger?
syarat-syarat menjadi seorang blogger

Syarat -Syarat Menjadi Blogger (Tidak Mutlak)

1. Mempunyai Keahlian Menulis atau Sedikitnya Mengerti dan Bisa Menulis

Menjadi seorang blogger adalah menjadi penulis konten di internet, jika anda tidak bisa bahkan tak mengerti menulis maka ini akan menjadi perkara yang pelik buat anda. Blogger adalah seorang penulis mereka bukan pencuri konten yang hanya asal comot artikel orang lain (kopas) lalu dipublikasikan di blog miliknya.

Blogger adalah orang mandiri harus bisa mandi dan menulis sendiri. Jika syarat ini tidak terpenuhi maka anda perlu menangguhkan niat anda menjadi blogger.

Tapi apakah iya? Anda tak mengerti nulis dan tak bisa menulis?

Saya tidak! Semua orang saat ini sudah mengerti dan bisa menulis. Buktinya berkomentar di sosial media, mengupdate status galau, dan mengirim pesan ke gebetan dan pacar. Semua itu adalah bukti bahwa anda mungkin bisa menulis, anda tinggal perlu memulainya saja. Semoga syarat ini terpenuhi.

2. Menghargai Hak Cipta dan Karya Tulis Orang Lain

Menjadi blogger memang tak selamanya hanya menulis dan menulis namun lupa untuk menghargai hak cipta atau karya tulis orang lain. Hal ini dikarenakan bisa jadi pada suatu waktu artikel yang anda buat mengambil beberapa referensi dari luar.

Jika itu dilakukan, sebaiknya kita perlu mengikut sertakan sumber referensi dari artikel yang kita buat. Ini bukan hanya menghargai karya orang lain, melainkan kita secara bijak mengatakan bahwa artikel yang dibuat disadur dari beberapa referensi lain.

Sehingganya hal itu akan menguntungkan kedua belah pihak. Anda dan penulis artikel yang anda jadikan referensi pada artikel blog anda. Keuntungan lain, anda akan nampak bijak, bersahaja, rupawan nan bertanggungjawab.

3. Manajemen Waktu dengan Baik

Oleh Kang Herman Yudiono di blognya mengutamakan waktu sebagai syarat utama bagi mereka yang ingin menjadi blogger professional. Sebab kita ketahui bersama bahwa waktu perlu dan penting untuk melakukan blog walking, melakukan riset keyword online, menulis artikel, menyunting artikel, membalas komentar blog, serta berinteraksi dengan blogger-blogger lain melalui forum blogger di grub atau komunitas online.

Selain itu waktu sangat penting bagi seorang blogger untuk menghasilkan tulisan yang baik, dimana dia harus melakukan riset materi artikel, menulis dan melakukan penyuntingan. Sehingga artikel yang dibuatnya tidak hanya bermutu dan berkualitas juga enak untuk dibaca pengunjung.

4. Mempunyai Minat dan Mengerti degan Topik Blog yang Dipilih

Syarat ke empat ini adalah syarat mutlak bila ingin menjadi seorang blogger professional. Dimana seorang blogger harus benar-benar paham dengan topik blog yang dibahasnya.

Misalnya jika anda seorang pendidik dan memiliki minat membuat blog dengan topik pendidikan, maka itu akan lebih baik dikarenakan anda memiliki minat dan mengerti dengan topik-topik tersebut. Tetapi jika anda orang yang memiliki minat tentang masak lalu membuat blog dengan topik pendidikan? Maka tentu konten blog yang diciptakan akan terasa garing karena anda tidak sedang menguasai topik yang dibahas.

So buatlah topik blog yang sedang anda mengerti, minati, dan anda kuasai betul topik-topik tersebut. Anda bisa membuat blog bisnis, blog tutorial, blog kesehatan, dll. Semua disesuaikan dengan minat dan keahlian yang anda miliki.

5. Mengerti dan Mampu Mengelola Platform Blog yang Digunakan

Saya tidak tahu di luar negeri, tetapi saat ini platform blog yang popular dan banyak digunakan termasuk di Indonesia adalah blog dari blogger.com dan wordpress.

Baca Juga: Panduan Pemula: Cara Membuat Blog di Blogger

Untuk membuat blog dari blogger.com kita tidak perlu repot membeli hosting, sebab blog kita langsung di hosting oleh google. Sementara untuk blog platform wordpress dibagi menjadi dua --wordpress.com dan wordpress.org

Jika wordpress.com sepenuhnya dapat dibuat secara gratis seperti blogger.com maka di wordpress.org kita perlu menyewa hosting untuk menyimpan CMS blog kita.

Oleh karenanya sebelum terjun ke dunia blogging. Anda harus mengerti dan mempunyai kemampuan untuk mengolah blog dengan platform yang anda pilih. Jadi, sangat penting bagi anda untuk mempelajari pengelolaan blog berdasarkan platform blog yang anda gunakan nantinya –bisa blogger.com bisa pula wordpress.

6. Mempunyai PC/Laptop dan Koneksi Internet

Ibarat memasak kita membutuhkan alat dan bahan, begitu juga dengan menjadi blogger. Kita juga sudah harus memastikan persiapan yang paling mendasar dan utama. Yakni sebuah PC/Laptop untuk menunjang aktivitas menulis yang kita lakukan.

Sementara koneksi internet selain berfungsi untuk mempublikasikan tulisan kita di blog, kita juga membutuhkan akses internet untuk melakukan riset kata kunci dan materi artikel yang akan dibuat. Termasuk untuk memantau perkembangan blog, memanajemen blog dan hal-hal lainya yang membutuhkan akses internet.

7. Jangan Melulu Menjadi Blogger Hanya Tentang Uang

Semua orang suka uang tidak hanya sekelompok koruptor. Sebab uang adalah segala-galanya meski tak bisa untuk membeli segalanya.

Tak perlu naif memang! Saya pun demikian, saya membutuhkan uang untuk hidup, membeli pakaian, membeli aksesoris yang digunakan, membeli data internet termasuk membeli domain untuk pembuatan blog.

Namun menjadi blogger jangan melulu tentang uang! – Syarat ketujuh ini hanyalah sebuah saran dan respon pikir saya. Ini dikarenakan banyak blogger yang memiliki tujuan untuk menghasilkan uang sebanyak-banyaknya melalui aktivitas blogging ujung-ujungnya menjadi gelap mata.

Gelap mata yang dimaksudkan adalah seorang blogger akan melakukan berbagai cara seperti pencurian konten digital dan spam untuk mendapatkan banyak kunjungan ke blognya.

Padahal itu salah…

Kesulitan utama menjadi blogger selain menulis adalah membuat konten blog yang banyak dikunjungi pembaca. Sebab nilai sebuah blog tanpa pengunjung adalah nilai blog yang tidak menghasilkan apa-apa.

Oleh karenanya jika blog anda tak kunjung mendapatkan pengunjung, jangan gelap mata dan melakukan berbagai cara-cara curang dan terlarang. Anda tidak hanya butuh kesabaran, sebab anda juga harus belajar untuk menciptakan konten artikel yang SEO dan bisa menjaring banyak pembaca.

Itu tantangan utama sebagai blogger yang bijak dan professional.

Menjadi blogger yang menghasilkan uang dari internet dan aktivitas blogging mempunyai proses yang tidak instan. Jangan berpikir satu dua bulan menjadi blogger anda sudah bisa menghasilkan uang.

Sebab kecuali blog anda memiliki puluhan ribu pengunjung hanya dalam rentan waktu dua bulan barulah anda sesuka hati berpikir untuk menghasilkan uang dari blog. Tetapi jika pengunjung baru beberapa kita perlu bersabar dan terus berproses. Hingga waktu itu kita dapatkan.

Ada banyak keuntungan menjadi blogger! Anda tidak harus melulu berpikir tentang uang, sebab jika sudah rejeki nya maka ia pasti datang dengan izin sang maha pencipta.

Posting Komentar untuk "Apa Saja Syarat-syarat untuk Menjadi Blogger?"