Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Populer dan Banyak Diikuti Blogger

Di era sekarang 'zaman now' mencari dan mendapatkan uang tidak lagi harus bekerja melakukan kerja nyata dan berinteraksi langsung. Saat internet sudah mulai gencar-gencarnya menjadi populer terkhusus seperti di Indonesia, mendapatkan uang kini tidak harus hanya mencangkul di sawah. Duduk di depan komputer dan gadget seseorang juga telah mampu mendapatkan uang.

Bahkan cara mendapatkan uang dari internet saat ini telah banyak ditekuni oleh manusia 'zaman now' dan para internet marketer muda.

Cara mendapatkan uang dari blog misalnya! Merupakan cara yang bisa dibilang cukup populer di kalangan blogger. Hal ini dikarenakan aktivitas blogging yang ditekuni dimanfaatkan dengan baik dan dikelola secara serius sehingga bersama dengan blog yang dimiliki seseorang bisa mendapatkan uang secara mudah dari internet.

Apabila kamu seorang blogger memiliki blog atau hendak membuat blog dan belum tahu bagaimana mendapatkan uang dari blog yang kamu miliki? Berikut akan saya ulas 5 poin penting kepada kamu, supaya bisa membuat blog kamu menjadi mesin dan aset untuk mendapatkan uang online dari internet.

Namun sebelum kita sampai pada ulasan tersebut saya ingin membuat peringatan dan ini penting untuk diingat bahwa:
Tidak ada yang namanya cara mendapatkan uang secara instan. Banyak blogger mungkin yang beranggapan mendapatkan uang dari internet itu mudah dan bisa membuat cepat kaya. Sekali lagi perlu diingat tak ada: cara mendapatkan uang dengan cepat, dan mendapatkan uang dengan mudah dalam sehari, karena semua butuh proses panjang sebelum kamu akhirnya bisa merasakan dan memiliki pendapatan perbulan atau perhari dari kerja online kamu di internet.
Peringatan di atas! Sengaja saya sampaikan karena saya cukup prihatin kepada teman-teman blogger yang demi mendapatkan pendapatan online yang besar dan cepat. Mereka melakukan pencurian konten digital dan publish kembali secara komersil konten-konten curian, tanpa menulis atau membuat sendiri konten berdasarkan pemahaman yang mereka ketahui. Istilahnya melakukan copy paste karya orang lain dan di-publish kembali menjadi milik sendiri. Hindari ini! Setidaknya jika kita menginginkan rezeki halal.

Cara Mendapatkan Uang dari Blog

Berikut 5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog

1. Menjual Jasa atau Produk Kita Sendiri

Cara mendapatkan uang dari blog dengan menjual jasa atau produk sendiri bisa dilakukan bila kamu memiliki sebuah keahlian khusus atau produk yang ingin ditawarkan atau dijual kepada orang lain melalui aktivitas online bermediakan blog.

Menjual jasa adalah bagaimana kamu menawarkan jasa kamu kepada pelanggan melalui blog, dan pelanggan yang berminat dan menyewa jasa kamu. Disitulah proses yang terjadi kamu mendapatkan uang dari pelanggan dengan menjual jasa (keahlian) atau produk yang kamu miliki.

Contoh beberapa blog yang Menjual Jasa:
  • KediriArt.com = adalah sebuah blog yang menawarkan jasa kepada pelanggan yang ingin membuat foto mereka menjadi vektor kartun. Blog dari seorang blogger bernama Yuda Langgeng.
  • Rizqialam.com = adalah blog yang juga menjual jasa vektor murah kepada pelanggannya melalui blogging. Blog dari seorang blogger bernama Rizqi Alam
  • Jagowebsite.com = adalah blog yang menjual jasa pembuatan website dan pembuatan blog. Blog dari seorang blogger bernama Joko Muryanto.
Intinya apapun keahlian kamu, dengan blog kamu bisa menjual jasa kamu dan memperoleh uang dari sana. Hal ini sangat menguntungkan karena kamu akan mendapatkan banyak pelanggan online meski mereka datang dari luar daerah.

2. Mengikuti Program Afiliasi

Cara mendapatkan uang dari blog dengan mengikuti program afiliasi adalah cara menghasilkan uang dengan mempromosikan produk atau jasa milik orang lain. Untuk mengikuti program afiliasi kamu tidak diharuskan untuk membeli produk terlebih dahulu. Melainkan kamu hanya melakukan promosi produk dan menjual jasa orang lain kepada calon pembeli yang sedang kamu ajak.

Pendapatan yang nantinya diperoleh adalah komisi dari hasil penjualan yang kamu tawarkan kepada pelanggan blog kamu. Cara ini terbilang lebih mudah karena kamu tidak harus menjual jasa dan produk kamu sendiri. Kamu cukup berpromosi, menjual produk, dan mendapatkan komisi hasil penjualan.

Contoh Program Afiliasi misalnya:
Afiliasi Hosting seperti Exabytes.co.id dan Niagahoster.co.id dimana saat kamu menawarkan produk Afiliasi hosting baik dari exabytes dan niagahoster kepada pelanggan blog kamu dan mendapatkan aksi dari pelanggan blog membeli dan menggunakan jasa Afiliasi Hosting yang kamu ikuti maka kamu akan mendapatkan komisi dan pembayaran dari penjualan yang kamu lakukan.

Afiliasi Kaos Dakwah Islami = Mengikuti Afiliasi ini kamu bisa menjual produk Kaos Dakwah Islami melalui blog kamu. Ketika ada pelanggan blog kamu yang membeli produk yang kamu tawarkan tersebut kamu akan mendapatkan komisi dari pembelian yang pelanggan blog kamu lakukan. Untuk mengikuti Afiliasi Kaos Dakwah Islami kamu bisa baca terlebih dahulu di postingan saya sebelumnya.

Baca Juga:

3. Menyediakan Tempat Iklan Mandiri di Blog

Cara Mendapatkan Uang dari Blog dengan menyediakan tempat iklan di blog adalah dengan memberi ruang kosong pada blog untuk penempatan SLOT iklan. Umumnya yang berlaku adalah untuk pemasangan iklan banner atau iklan gambar dengan pixel 125x125, 160x600, 300x250, dan 780x90.

Cara ini terbilang cukup mudah dilakukan dikarenakan kamu hanya perlu menyediakan kolom iklan dan menawarkannya kepada pengunjung blog kamu atau kepada pengiklan. Bilamana ruang iklan kosong kamu tadi nantinya dipesan oleh pengiklan agar mengiklankan jasa mereka pada blog kamu. Maka kamu akan langsung mendapatkan uang dari sana tanpa harus menunggu beberapa bulan.

Cara ini sangat efektif untuk mendapatkan uang secara langsung sebab hanya cukup melalui proses dan aksi deal antara kamu pemilik blog dan pengiklan kamu langsung bisa mendapatkan uang. Cukup menjanjikan bukan?

Baca Juga: 6 Cara Mendapatkan Uang dari Internet, Patut dicoba!

4. Mengikuti Kontes Online / Lomba Blog

Cara Mendapatkan uang dari Blog dengan mengikuti kontes online atau lomba blog adalah sebuah alternatif yang cukup baik apabila kamu tidak bisa mengikuti 3 cara di atas.

Cara mendapatkan uang dengan mengikuti lomba blog memiliki syarat dan ketentuan yang harus kamu penuhi. Namun pada dasarnya lomba blog ini adalah lomba menulis di blog sesuai tema dan kategori lomba. Kamu hanya perlu menulis artikel seperti yang disyaratkan dan mengirim url artikel blog kamu pada kontes atau penyelenggara lomba.

Bila url artikel blog yang kamu tulis telah diterima penyelenggara lomba dan kamu memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Maka langkah selanjutnya kamu hanya perlu menunggu pengumuman lombanya. Umumnya sang juara akan dihadiahkan uang atau produk-produk digital seperti kamera, smartphone, dan produk-produk lainnya tergantung kategori lomba blog yang diikuti.

Meski demikian kelemahan dari lomba blog adalah kamu akan memiliki banyak saingan, dan belum tentu artikel blog yang kamu ikutkan ke lomba mendapatkan juara. Tapi, jika kamu berniat maka jangan pesimis. Intinya kamu mencoba terus sampai menemukan nyaman kamu bagaimana bisa memenangkan lomba dan mendapatkan hadiahnya.

Untuk mencoba mendapatkan uang dari blog dengan mengikuti lomba blog! Kamu bisa memulainya dengan mencari kontes online menulis di blog dan silakan pilih yang masih bisa kamu ikuti, dan kategori lomba yang diikuti nyaman untuk kamu. Pada cara ini! Hati-hati terhadap penipuan...

5. Menjadi Publisher Google Adsense

Cara Mendapatkan Uang dari Blog yang terakhir dengan menjadi Publisher Google Adsense adalah cara yang paling banyak diminati oleh setiap Blogger. Tapi, untuk menjadi publisher google adsense dan supaya blog bisa menayangkan iklan google kamu disyaratkan mampu mengikuti ketentuan yang telah diatur oleh Google Adsense.

Baca Juga: 5 Penyebab Blog Kebanjiran Banyak Pengunjung

Mendapatkan uang dengan menjadi Publisher Google Adsense sangat didambakan. Karena kamu nantinya akan bisa memperoleh uang dari setiap iklan google yang tayang di blog kamu. Pendapatannya pun lumayan dan telah banyak blogger sukses mengikuti program google yang satu ini.

Mendapatkan uang dari blog secara online dengan memanfaatkan akses internet adalah solusi mendapatkan uang melalui aktivitas menulis dan blogging. Sehingganya ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki hobi dan suka menulis.

Namun untuk memiliki penghasilan yang besar, kamu harus mampu membuat blog memiliki pelanggan dan pengunjung yang banyak pula. Karena faktor-faktor yang membuat blog seseorang layak dan bisa dijadikan media berpromosi online adalah blog yang telah memiliki ribuan bahkan ratusan ribu pengunjung per harinya.

Inilah yang saya maksudkan dari peringatan di atas! Bahwa membangun blog agar bisa mendapatkan / menghasilkan uang dari internet butuh kerja keras, kesabaran, dan proses panjang. Terus berjuang...

Posting Komentar untuk "5 Cara Mendapatkan Uang dari Blog, Populer dan Banyak Diikuti Blogger"