Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menginstal Windows di Flashdisk atau Hardisk Eksternal

Windows To Go USB

Menginstal Windows ke disk SSD/HDD internal Laptop maupun PC mungkin sudah sangat biasa dilakukan. Lantas bagaimana jika OS Windows tersebut ingin diinstal ke dalam Flashdisk atau Hardisk Eksternal?

Jawabannya sangat bisa dilakukan, tetapi tidak dapat dilakukan dengan cara umum seperti menginstal Windows pada SSD atau Hardisk yang terdapat dalam perangkat Laptop ataupun komputer. Sebab, jika saja hal ini dilakukan, maka OS Windows tidak dapat Booting secara eksternal.

Untuk menginstal windows ke dalam Flashdisk atau Hardisk Eksternal sehingga OS Windows dapat dijalankan secara portabel (LiveCD) melalui Flashdisk ataupun Hardisk Eksternal maka diperlukan software pembantu untuk melakukan hal ini.

Aplikasi untuk Membuat Windows Portable

Beberapa aplikasi yang mendukung proses penginstalan Windows ke dalam Flashdisk, SSD/HDD Eksternal sehingga dapat dijalankan secara portable, diantaranya:

1. AOMEI Partition Assistant 9.13.0 

AOMEI Partition Assistant sebenarnya merupakan salah satu tools partisi yang powerfull untuk mengelola hardisk, seperti membagi kapasitas hardisk, mengubah hardisk dari MBR ke GPT tanpa kehilangan data, convert dinamyc disk, dan masih banyak lagi. 

Salah satu fitur penting yang juga disediakan aplikasi ini adalah sebuah tools untuk membuat Windows portable memanfaatkan fitur "Windows To Go Creator". Sehingga Windows dapat dijalankan Live melalui Flashdisk ataupun SSD/HDD Eksternal.

Sayangnya aplikasi ini berbayar, sehingga untuk mendapatkan semua fitur dalam aplikasi perlu melakukan registrasi dan pembelian lisensi.

2. WinToUSB

Sesuai namanya WinToUSB, aplikasi ini dapat digunakan untuk memasang windows ke dalam drive eksternal melalui port USB seperti Flashdisk, SSD ataupun Hardisk Eksternal. Selain untuk menginstal Windows ke Flashdisk, SSD/Hardisk Eksternal, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan untuk membuat Installer atau Bootable Windows, dan menginstal Windows PE melalui file ISO.

Aplikasi ini memiliki versi gratis dan versi premium. Meskipun demikian fitur gratis masih dapat digunakan untuk menginstal windows di Flashdisk, SSD atau Hardisk Eksternal.

3. Rufus

Rufus merupakan salah satu aplikasi yang sudah umum digunakan untuk membuat sebuah installer atau bootable OS sehingga sebuah sistem operasi misalnya Windows dapat diinstal menggunakan USB Flashdisk. 

Selain itu, seiring perkembangannya saat ini Rufus telah mendukung pemasangan "Windows To Go" sehingga memungkinkan OS Windows dapat langsung diinstal ke dalam USB Flashdisk.

Sayangnya meskipun aplikasi ini sepenuhnya gratis. Aplikasi Rufus 3.13.1730 hanya dapat digunakan untuk menginstal Windows ke dalam USB Flashdisk, belum mendukung instalasi Windows To Go ke dalam Hardisk Eksternal.

Cara Instal Windows di Flashdisk atau Hardisk Eksternal

Setelah mengetahui sedikitnya tiga aplikasi di atas! Pilihlah salah satu aplikasi yang menurut Anda mudah didapatkan. Jika hanya ingin menginstal Windows ke dalam Flashdisk, Anda dapat menggunakan aplikasi Rufus selain memiliki size yang kecil aplikasinya pun sepenuhnya gratis.

Karena dalam tutorial kali ini, proses Instalasi Windows akan dilakukan pada Hardisk ekternal, maka kami blogtalibu.com akan menggunakan aplikasi WinToUSB.

Langkah 1 - Siapkan atau Download ISO Windows 

Pada langkah ini pastikan untuk menyiapkan ISO Windows yang akan diinstal ke dalam Hardisk Eksternal terlebih dahulu. Jika belum punya maka silakan mendownload ISO Windows terlebih dahulu melalui situs Microsoft untuk mendapatkan ISO Windows Original.

Bebas menggunakan Windows 7, 8.1, 10 ataupun Windows 11.

Langkah 2 - Siapkan dan Sambungkan Hardisk Eksternal ke Port USB

Selanjutnya silakan siapkan Hardisk eksternal yang akan diinstal Windows Portable. Pastikan seluruh data pada hardisk sudah diamankan karena proses ini akan memformat seluruh isi dan partisi pada hardisk Anda.

Langkah 3 - Buka Aplikasi WinToUSB

Setelah semua alat dan bahan dipersiapkan. Lanjutkan dengan membuka Aplikasi WinToUSB (Pastikan aplikasi sudah terinstal di PC atau Laptop yang digunakan). Lalu, silakan pilih "Windows To Go USB" lihat seperti gambar:

windows to go

Langkah 4 - Pilih File ISO Windows dan Hardisk Eksternal

Selanjutnya silakan pilih "Select Instalation Source" lanjutkan dengan memilih lagi "Browse Image File" lalu cari dimana File ISO Windows Anda disimpan. Setelah itu, pilih juga Edisi Windows yang akan diinstal. Misalnya dalam panduan ini kami akan menginstal Windows 10 Pro.

Terakhir pada "Select Destination Drive" pilih hardisk eksternal yang terhubung ke port USB komputer atau laptop Anda. 

Langkah 5 - Tentukan Skema Partisi yang Diinginkan

Pada tahap akhir sebelum memilih "Proceed" atau proses terlebih dahulu silakan tentukan skema partisi untuk hardisk yang digunakan. Misalnya: "GPT for UEFI" agar hardisk diformat ke sistem GPT dan dapat di-boating pada komputer yang mendukung Bios UEFI.

Selanjutnya pada "Instalation Mode" pilh saja "Legacy" dan lanjutkan dengan memilih "Proceed" dan tunggu sampai proses instalasi Windows ke hardisk eksternal sukses. Lalu pilih "Finish"

Langkah 6 - Seting Bios ke USB HDD

Setelah proses instalasi Windows pada hardisk eksternal atau Flashdisknya sukses. Selanjutnya silakan "Restart" komputer Anda lalu aturlah Boot Priority berada pada USB HDD (Hardisk Eksternal) atau Flashdisk.

Lalu setelah komputer hidup, lanjutkan pengaturan awal Windows seperti: Nama, Password, format keyboard, format waktu, dan lain-lain sampai Windows sepenuhnya berhasil di setting dan masuk ke desktop.

Selesai

Sampai di sini Windows Portable Anda sudah bisa digunakan. Selanjutnya silakan tambahkan program-program yang dibutuhkan pada Windows portable yang sudah berhasil diinstal pada hardisk eksternal atau flashdisk.

Posting Komentar untuk "Cara Menginstal Windows di Flashdisk atau Hardisk Eksternal"