Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keuntungan Menulis di Wattpad, Apa Yang Didapat?

keuntungan menulis di wattpad

Dulu sebelum wattpad mengeluarkan program "wattpad paidstories" mereka. Dahulu wattpad hanyalah sebuah platform menulis cerita seperti novel, kumpulan cerpen dan sejenisnya yang dibagikan secara gratis oleh penulis wattpad

Setelah perkembangannya pada tahun 2019 melalaui program paidstories mereka, akhirnya wattpad mengumumkan bahwa penulis cerita wattpad dapat memperoleh earning dari setiap karya atau cerita yang terpilih sebagai cerita premium.

Ini merupakan angin segar dan jawaban dari harapan setiap penulis wattpad, agar suatu waktu karya mereka di wattpad bisa menghasilkan uang.

Baca juga: Dari Wattpad, Mereka kini Sukses sebagai Penulis Buku

Baiklah, itu sedikit pengantar tentang keuntungan utama yang bisa didapatkan oleh penulis cerita di wattpad.

Selain itu, nyatanya keuntungan menulis di wattpad cukup banyak sekali, berikut blogtaliabu merangkum lima (5) keuntungan menulis cerita di wattpad yang layak dicoba setiap calon penulis wattpad.

Apa Itu Wattpad?

Dari berbagai referensi yang ditemukan termasuk berdasarkan pengalaman kami ketika mencoba platform tersebut. Dapat disimpulkan bahwa wattpad merupakan sebuah platform menulis yang mempertemukan dua hobi dalam satu tempat atau wadah.

Dua hobi tersebut adalah menulis dan membaca, selanjutnya kedua hobi tersebut berkembang dan dikenal sebagai penulis wattpad dan pembaca wattpad. Baik si pembaca dan penulis wattpad keduanya dapat berpindah tempat berdasarkan keinginannya. Dimana suatu waktu mereka bisa menjadi pembaca dan suatu waktu bisa menjadi penulis.

Dua hobi tersebut akan bertemu dan saling memberikan dukungan satu sama lainnya. Sehingga bagi yang hobi membaca akan mendapatkan bacaan-bacaan gratis dan berbayar dari wattpad dan yang hobi menulis akan dengan mudah tulisannya dibaca dan diapresiasi pembaca dan mendapatkan earning melalui wattpad paidstories.

Selain itu, karena konten wattpad umumnya menyajikan cerita maka tidak mengherankan jika di sana adalah tempat yang tepat untuk menemukan bahan bacaan seperti novel online, kumpulan cerpen dan cerita fiksi bersambung lainnya.

Jadi, jika anda hobi menulis tulisan seperti fiksi mini, novel termasuk suka membaca karya-karya yang bergenre sastra maka di wattpad adalah tempatnya.

Setelah mengetahui beberapa hal yang berkaitan dengan wattpad, maka kita bisa saja mengatakan wattpad adalah platform tempat bertemunya pembaca maupun penulis untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan bagi keduanya.

Sampai di sini kita telah melihat keuntungan pertama dari platform wattpad yakni menyediakan tempat menulis bagi penulis yang ingin mendapatkan calon pembacanya, kedua tempat membaca yang cukup direkomendasikan untuk memuaskan keinginan dan hobi baca kita.

Keuntungan Menulis di Wattpad

Jika ingin dirangkum, mungkin akan banyak sekali manfaat yang kita dapatkan di wattpad. Berikut Lima (5) keuntungan menulis di wattpad yang kami rangkumkan untuk Anda.

1. Tempat Mempromosikan Karya / Portofolio

Jika kamu suka menulis atau memang seorang penulis kamu membutuhkan sebuah tempat untuk mempromosikan karya-karya tulismu termasuk mempromosikan diri kamu.

Di wattpad semua itu dapat kamu lakukan secara gratis, hal ini dikarenakan di sana terdapat banyak pembaca dengan berbagai usia yang hobi membaca tulisan-tulisan di wattpad.

Selain itu, wattpad tidak hanya dikemas dengan sistem yang berbasis blog maupun sosial media. Melainkan juga sebagai media buku digital yang bisa dimanfaatkan penulis untuk menerbitkan buku-bukunya ke bentuk digital dengan mempublikasikannya melalui wattpad.

Bahkan jika tulisan-tulisan yang dibuat bagus dan memiliki banyak pembaca setianya buku atau tulisan kamu di wattpad akan mendapatkan umpan balik atau respon langsung dari pembaca bisa berupa suka, komentar, dan membagikan tulisan-tulisan kamu ke teman-teman mereka melalui media sosial.

Lambat laun aktivitas tersebut menjadikan tulisan (buku) wattpad mu menjadi populer di wattpad. Karyamu dikenal dan penulisnya pun ikut populer.

Sehingga karya-karya (buku) wattpad yang kamu buat bisa menjadi portofolio digital mu mengenai sepak terjangmu di kancah persilatan literasi Indonesia. Hehehe...

Selain itu, jika karya Anda tersebut sangat populer tentunya memiliki kesempatan yang tinggi untuk diajukan sebagai cerita premium melalui wattpad paidstories.

2. Berkesempatan Dilirik Penerbit Buku

Sadar atau tidak sadar sudah banyak tulisan-tulisan di wattpad yang terkenal dan populer diangkat menjadi Buku oleh beberapa penerbit. Hal ini disebabkan pengguna wattpad ternyata tidak hanya seorang pembaca dan penulis saja. Melainkan di sana juga ada beberapa orang dari dunia penerbitan yang diam-diam melirik karya-karya penulis di wattpad.

Salah satu tulisan (buku) wattpad yang sukses dan diterbitkan adalah cerita "Dear Nathan" yang bercerita tentang kisah cinta dua sejoli anak SMA Salma dan Nathan.

Melalui situs brilio.net mereka telah mengulas beberapa cerita dari wattpad yang sukses hingga diangkat dan merambah ke layar lebar salah satunya adalah cerita "Dear Nathan" dari penulis Erisca Febriani.

Ini adalah bukti nyata bahwa keuntungan menulis di wattpad selain mempromosikan karya, ternyata merupakan salah satu cara yang bisa dimanfaatkan untuk membuat karyamu berpotensi atau berkesempatan dinilai oleh penerbit di Indonesia untuk dicetak atau oleh beberapa media untuk difilmkan.

Meski demikian, layak dan tidak layak tulisan tersebut dilirik oleh penerbit salah satu penentunya adalah tulisan yang dibuat bisa populer dan memiliki rating yang tinggi di wattpad.

3. Membangun Jaringan dan Mendapatkan Teman Baru

Jika kamu suka berinteraksi dengan orang-orang melalui internet, maka dengan wattpad kamu akan menemukan beberapa teman menulis dan pembacamu di sana.

Hubungan tersebut bisa membangun keakraban dan jaringan yang bagus untuk terus mempromosikan karya (buku) wattpad mu secara gratis.

Semua itu bisa dilakukan dikarenakan sistem yang dibangun wattpad selain berbasis blog juga berbasis sosial media. Sehingga semua pengguna wattpad bisa saling berkomunikasi, mengkritik karya, membagikan ilmunya, dan hal-hal bermanfaat lainnya.

4. Tempat Mengasah Kemampuan dan Tempat Belajar Menulis

Poin empat ini hanya di dapat bagi pengguna wattpad yang sedang ingin melatih dan mengasah kemampuan menulisnya. Hal tersebut dipandang wajar mengingat sebagai penulis pemula kita bisa menemukan teman-teman penulis berbakat lainnya dan bisa belajar dari mereka.

Kita bisa melakukan diskusi sederhana, meminta mereka mengkritik tulisan yang kita buat. Sehingga lambat laun kita pun mendapatkan ilmu menulis yang berguna untuk membekali kemampuan menulis kita.

So ini juga sangat cocok untuk kamu seorang pelajar yang hobi nulis dan membaca. Kamu bisa memposting karya-karyamu di sana dan belajar mengasah kemampuan menulismu secara bertahap dan kontinu.

5. Sebagai Tempat Menulis Diary Online-Mu, Bila Galau

Keuntungan nomor lima ini mungkin cukup menggelikan untuk beberapa orang. Tetapi ini sangat bermanfaat untuk melegakan pikiran dan perasaan bagi kamu yang sedang dilanda kegalauan.

Dahulu banyak orang menulis diary online-nya dengan memanfaatkan blog.

Namun seiring waktu blog sudah mulai sulit untuk dioptimasi dalam mendapatkan kunjungan dan teman, kecuali si penulis blog adalah orang yang sudah sangat populer atau memiliki banyak penggemar dan teman.

Menulis diary meski hanya sebuah cerita harian. Kita pasti menginginkan tulisan tersebut dapat dibaca oleh orang lain.

Oleh karena itu dengan menulis diary online memanfaatkan wattpad, itu bisa bermanfaat baik. Karena pembaca yang membaca ceritamu pasti ikut terlibat secara emosional dengan tulisan-tulisan yang kamu buat tersebut.

Bahkan bisa saja, dari komentar-komentar pembaca tulisanmu hatimu bisa menjadi lega karena merasa terhibur.

Pernah dengar nama Raditya Dika?

Yah... Dia adalah salah satu penulis terkenal yang kini memiliki banyak profesi, sebagai penulis buku, penulis naskah film, seorang stand up komedian, pemain film, dan seorang youtuber.

Banyak cerita dan buku yang dibuatnya adalah hal-hal yang berkaitan dengan pengalaman hidupnya sendiri. Bisa dibilang sosok Raditya Dika adalah salah satu orang sukses yang memulai karirnya menulis dan menceritakan pengalaman hidupnya dalam balutan komedi.

Oleh karena itu inti dari semua pertanyaan mengenai wattpad termasuk untuk mendapatkan keuntungan menulis di wattpad semuanya tergantung kepada kita bagaimana memanfaatkan wattpad dan apa tujuan kita menulis di wattpad.

Oleh karenanya jika tujuan menulis untuk mendapatkan uang maka penulis cerita dapat mencoba mengajukan cerita mereka melalui wattpad paidstories untuk menjadi cerita premium.

Baca juga: Cara Mengajukan Cerita Berbayar Paid Stories Wattpad

Demikian ulasan kami di blogtaliabu.com mengenai keuntungan menulis di wattpad, semoga beberapa pembahasan di dalamnya bisa bermanfaat dan bisa membangun semangat juang teman-teman dalam menulis menggunakan platform wattpad.

Sukses selalu untuk kita semua...

Posting Komentar untuk "Keuntungan Menulis di Wattpad, Apa Yang Didapat?"