Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Alasan Penting Menggunakan SSL atau HTTPS di Blog

Bagi para pengguna blog yang menggunakan domain premium bagi blognya pasti sudah banyak yang mengenal istilah SSL ataupun HTTPS. Inti dari kedua istilah tersebut sederhananya adalah sertifikasi sebuah domain atau blog/website dengan sistem keamanan yang baik.

SSL atau Secure Socket Layer adalah cara sebuah situs web atau blog untuk membuat sambungan aman dengan browser web user atau pengguna internet yang membuka salah satu halaman website.

Setiap kali seseorang mengunjungi situs web aman yang memakai teknologi atau sistem keamanan SSL, website akan membuat sebuah link yang terenkripsi antara browser yang digunakan dan web server dari blog maupun website.

Situs website yang menggunakan SSL untuk keamanan web dan kenyamanan pengunjung selalu ditandai dengan adanya HTTPS pada url laman situs web atau blog yang dikunjungi.

Bagi seorang blogger mungkin belum banyak yang tahu bagaimana manfaat SSL itu, bagi blog dan website. Oleh karena itu bersama postingan ini saya ingin mengulas beberapa soalan penting mengapa SLL atau HTTPS itu perlu untuk blog dan website yang teman-teman sedang kelola.

pentingnya ssl

5 Alasan Mengapa SSL atau HTTPS itu Penting Bagi Blog

1. Mendapatkan Kepercayaan dari Pengunjung Blog

Sebuah website atau blog yang memiliki dan menggunakan sistem keamanan SSL atau HTTPS biasanya akan mendapatkan banyak kepercayaan oleh pengunjungnya. Hal ini dikarenakan para pengunjung tahu bahwa aktivitas yang mereka lakukan pada website yang memiliki sertifikasi SSL akan memberikan keamanan dan dan menjaga privasi mereka.

Sebab setiap aktivitas mereka akan dienkripsi oleh keamanan SSL sehingganya komunikasi browser pengguna dan komunikasinya dengan web server sebuah website dilindungi oleh enkripsi web, sehingga data pengunjung menjadi lebih aman dan tidak mudah disusupi cracker.

2. Melindungi Data dan Informasi Pengunjung / User

Untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung web atau blog kita. SSL menjadi keharusan untuk dimiliki. Terutama bagi website atau blog seperti toko online. Fungsi SSL ini akan sangat bermanfaat untuk menjaga Data dan Informasi pengunjung terutama terkait informasi kartu kredit, informasi perbankan, dan informasi lain menjadi aman terutama dari incaran hacking dan pencurian kekayaan digital pengunjung terutama dalam kasus transaksi online.

3. Melindungi dari Bentuk Pencurian Data Seperti Phising

Sebuah website kadangkala akan ditiru oleh seorang kiriminal online. Mereka akan melakukan tindakan phising dengan mengirim email menggunakan situs web tiruan yang sudah mereka siapkan untuk mencuri data pengguna website atau user situs web kita. Namun apabila web atau blog yang dimiliki telah menggunakan SSL maka sebuah website tiruan yang dibuat akan sulit meniru 100% persen web kita terutama dari segi untuk menggunakan sistem keamanan SSL yang sama.

Karenanya apabila pengguna dan user yang terpancing ke website phising. Mereka akan tahu bahwa website yang mereka kunjungi tidak menggunakan sertifikasi SSL Valid yang digunakan oleh situs web aslinya. Akhirnya ini melindungi user dan pengguna website atau pengunjung untuk tidak melanjutkan aktivitas mereka seperti melakukan log-in pada website palsu, karena tidak memiliki SSL atau validasi dan enkripsi keamanan yang ditandai dengan adanya HTTPS seperti pada website aslinya.

4. Meningkatkan SEO sebuah Blog / Website

Beberapa blogger yang sudah lama malang melintang di dunia persilatan blogging. Akan sangat merekomendasikan SSL bagi setiap blogger untuk meningkatkan SEO Blog dan website yang mereka miliki. Hal ini dipercaya karena Search Engine seperti Google akan menfilter setiap situs website apa saja yang memiliki kualitas dan tingkat keamanan bagi pengunjungnya.

Sertifikasi blog atau website dengan sistem keamanan SSL akan menjadi perhatian yang diutaman oleh mesin pencari. Dengan alasan web atau blog tersebut terpercaya, aman, dan direkomendasikan karena baik untuk dikunjungi oleh pengguna atau pengunjung. Potensi itulah yang akhirnya membuat blog atau website menjadi lebih SEO karena dipercayai dan direkomendasikan baik oleh mesin pencari.

5. Berpotensi Sukses untuk Diajukan Ke Google Adsense

Khusus untuk blogger yang mengincar pendapatan dari blogging. Terutama pendapatan online melalui google adsense. Dapat mencoba untuk memberikan kepercayaan kepada google dengan memiliki sertifikasi web atau SSL.

Penggunaan SSL untuk Blog maupun website menjadi sangat berpotensi untuk diterima adsense dikarenakan Google memiliki semboyan untuk merekrut mitra adsense mereka terutama melihat kualitas blog/website dan bagaimana kenyamanan yang website tersebut tawarkan bagi para pengunjungnya.

Intinya keamananan memang selalu penting untuk menciptakan kenyamanan. Namun inti dari SSL adalah menjaga komunikasi online yang terenkripsi untuk melindungi web/blog dan informasi pengunjung terutama dari pencurian kekayaan digital dan pencurian identitas dari tindakan hacking oleh para kriminal online.

Posting Komentar untuk "5 Alasan Penting Menggunakan SSL atau HTTPS di Blog"