Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Bitcoin dan Apa Manfaatnya?

apa itu bitcoin

Akhir-akhir ini, Bitcoin telah ramai diperbincangkan oleh semua kalangan terutama mereka yang berkecimpung dalam bisnis online, usaha online, atau internet marketing atau dalam bahasa sederhananya adalah orang-orang yang melakukan aktivitas online untuk mendapatkan uang melalui internet.

Oleh karena itu, mungkin sobat yang sedang membaca postingan matahaya saat ini pasti merupakan salah seorang yang penasaran dan ingin tahu apa itu bitcoin? apa manfaatnya? dan bagaimana cara mendapatkan uang melalui Bitcoin bukan?

Jujur saja pertamakalinya admin mengenal bitcoin kira-kira dimulai pada akhir tahun 2015 kemarin, saat-saat di mana penulis sedang terobsesi untuk mencoba cara mendapatkan uang dari internet (Ngarep hehe).

Pertama kali mencoba menjalankan jual beli bitcoin atau yang lebih dikenal dengan trading aset mata uang koin. Admin masih belum mengerti cara memulainya hingga akhirnya pada kondisi yang tidak mengenakan tersebut akhirnya memutuskan berhenti dan sekarang mencoba lagi melakukan trading bitcoin pada tahun 2021 ini.

Sudah lama sekali yah?

Alasan kembali tertarik main bitcoin dikarenakan banyak referensi yang ditulis oleh blogger profesional terkait cara bermain dan mendulang uang online melalui Bitcoin membuat penulis sedikit-sedikit mulai memahaminya dan akhirnya menjalankan bisnis crypto / trading bitcoin ini melalui Indodax.


Bagi sobat yang belum tahu apa itu Bitcoin, semoga penjelasan berikut dapat memberikan sedikit pemahaman dan ketertarikan untuk mencoba bisnis crypto dan dan mulai memperdagangkan bitcoin atau mata uang koin lainnya secara online.

Pengertian Apa itu Bitcoin?

Apa Itu Bitcoin? - Pertanyaan ini adalah pertanyaan paling awal pernah admin tanyakan di awal-awal mengenal bitcoin. Ketika saat itu menemukan artikel blog yang membahas alternatif bisnis digital melalui perdagangan bitcoin (bisnis crypto) secara online.

Bitcoin berdasarkan penjelasan resmi di situs online Bitcoin Indonesia yang saat ini telah menjadi Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange).

Bitcoin dijelaskan sebagai mata uang virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seseorang dengan nama Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah atau Dolar, namun hanya tersedia di dunia digital sehingga tak dapat dipegang secara fisik melainkan hanya didapatkan melalui angka numerik yang suatu waktu dapat dijual menjadi rupiah untuk diuangkan.

Menurut maxmanroe.com bitcoin dijelaskan sebagai mata uang virtual yang dapat digunakan untuk melakukan transaksi online secara tidak terbatas.

Bentuk dari mata uang ini pun tidak seperti halnya mata uang lainnya yang hanya terbatas penggunaanya di negara-negara tertentu. Misalnya, Rupiah hanya di Indonesia, Ringgit di Malaysia, US Dolar di Amerika Serikat dll.

Bitcoin sebagai mata uang virtual dapat digunakan untuk bertransaksi secara online terlepas dari mata uang yang sah di beberapa negara. Oleh karena sifat inilah, bitcoin dapat dibelanjakan dibanyak negara tidak seperti US Dolar hanya khusus di Amerika Serikat dan rupiah di indonesia. Namun semua transaksinya dilakukan secara online.

Berdasarkan dua pengertian di atas arti bitcoin dapat disimpulkan sebagai mata uang online atau mata uang virtual yang hanya tersedia di dunia digital, dimana dapat dijadikan sebagai uang layaknya rupiah untuk melakukan segala bentuk transaksi yang berhubungan dengan kegiatan transaksi online.

Misalnya: Belanja Online membayar melalui bitcoin, bayar belanjaan makanan menggunakan bitcoin sebagaimana yang pernah marak-maraknya terjadi di Bali Indonesia. Hinga kemudian diberhentikan pemerintah.

Karena berdasarkan hukum mata uang yang sah untuk melakukan transaksi di Indonesia adalah mata uang rupiah. Karena itulah, bitcoin saat ini hanya dapat dijadikan sebagai digital asset yang dapat diperdagangkan melaluitradingdiberbagai platform jual beli aset kripto salah satunya seperti Indodax.

Berdasarkan prinsip ini bitcoin awalnya disebut sebagai mata uang digital yang kegunaannya bisa berlaku di semua negara. Meski beberapa negara tidak memperbolehkan transaksi belanja menggunakan bitcoin seperti di Indonesia.

Dengan demikian, saat ini bitcoin merupakan salah satu digital asset layaknya emas yang dapat diperjual belikan melalui platform jual beli aset kripto.

Selain itu, alasan utama mengapa negara indonesia melarang transaksi menggunakan bitcoin sebagai alat pembayaran oleh BI (Bank Indonesia) ini dikarenakan. Mata uang bitcoin ditakutkan akan berdampak kepada inflasi yang berefek kepada kacaunya perputaran dan nilai tukar rupiah di Indonesia, yang tentunya dapat berefek buruk pada perekonomian negara.

Oleh karenanya setiap orang yang bila terlibat menggunakan bitcoin untuk membeli dan menerima pembayaran secara digital, maka mereka secara tidak langsung melanggar peraturan tersebut yang mana di negara Indonesia hanya dibolehkan melakukan bertransaksi menggunakan mata uang resmi yaitu Rupiah Indonesia.


Saat ini harga 1 Bitcoin telah menembus angka Rp.744.903.000(tujuh ratus empat puluh empat juta sembilan ratus tiga ribu rupiah) berdasarkan data Indodax (Indonesia Digital Asset Exchange) pada tanggal 25 Februari 2021, Pukul 10.49 WIT.

Berdasarkan paham ulasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa bitcoin dapat diumpamakan sebagai koin atau emas digital (Asset Digital) yang diperdagangkan secara digital layaknya menjual dan membeli emas namun adanya hanya di dunia digital termasuk bentuknya yang tak berfisik.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Mengenai cara kerja atau cara mendapatkan uang dengan bitcoin terlebih dahulu setiap pengguna wajib memiliki Bitcoin Wallet atau Bitcoin Address yang dapat didaftarkan melalui salah satu situs Exchange.

Di Indonesia sendiri kita bisa membuat Bitcoin Address melalui Indodax tempat dilakukannya trading dan satu-satunya platform exchange yang didirikan oleh orang Indonesia.

Fungsi dari Bitcoin Wallet atau Bitcoin Address nantinya seperti sebuah dompet atau akun rekening online yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk menabung dan mendepositkan bitcoin yang kita kumpulkan melalui trading, faucet dan penambangan digital.

Selain itu penambangan bitcoin bisa dilakukan secara gratis terutama menggunakan perangkat dan peralatan komputer yang memadai atau bisa melalui metode faucet bitcoin yang saat ini banyak diikuti oleh pemula dalam cara mendapatkan bitcoin gratis.

Cara memperoleh bitcoin secara gratis dengan berbagai layanan yang tersedia di internet memang bisa dijadikan alternatif untuk mendapatkan tambahan bitcoin yang bisa dikirimkan ke rekening atau bitcoin address kita. Namun kita juga bisa memperoleh bitcoin dengan melakukan aksi jual beli melalui situs exchange seperti di indodax dan langkah ini yang lebih disarankan.

Nanti, setelah memiliki sebuah akun di Indodax kita bisa membuat dan mengaktifkan bitcoin address atau bitcoin wallet kita sehingga bisa digunakan menyimpan bitcoin secara digital.

Ketika akan melakukan trading bitcoin terlebih dahulu kita perlu mendepositkan rupiah (uang) ke salah satu situs Exchange yang menyediakan layanan trading seperti Indodax.

Selanjutnya setelah memiliki saldo rupiah di Indodax, uang tersebut dapat digunakan untuk membelanjakan bitcoin lalu menjualnya kembali. Penentuan jual beli bitcoin dilakukan oleh trader dengan menghitung harga bitcoin yang fluktuatif atau berubah-berubah.

Dimana pelaku trader bitcoin akan memperhitungkan dananya dimana paling umumnya trader akan membelanjakan uangnya untuk membeli bitcoin di saat harga bitcoin mengalami penurunan dan menjualnya kembali saat bitcoin mengalami lonjakan harga.

Seumpama saham dan forex ketentuan penjualan dan pembelian bitcoin dilakukan secara mandiri oleh trader berdasarkan hasil pengamatan dan perhitungan untung rugi yang akan dia dapatkan dari transaksi yang dilakukannya.

Siapakah yang Menerbitkan Bitcoin?

Setiap bitcoin baru diciptakan dengan proses yang disebut "mining" Para miner menggunakan komputer canggih untuk menguraikan matematika kompleks supaya menemukan block baru bitcoin. Sebagai hadiahnya si penemu akan dihadiahi sejumlah bitcoin yang bisa dikumpulkannya atau nantinya dijual.

Hadiah per ditemukannya 1 block awalnya adalah 50 BTC, sekarang 25 BTC/Block, selanjutnya akan terus berkurang diiringi dengan bertambahnya sirkulasi Bitcoin. Sistem telah memastikan bahwa maksimal bitcoin yang beredar di dunia adalah 21 juta BTC sehingga tidak akan terjadi inflasi.

Apakah Bitcoin Aman?

Sejauh ini, pemahaman yang diketahui mengenai keamanan bitcoin tergantung bagaimana penggunanya. Maksudnya tergantung bagaimana kita memanfaatkan bitcoin agar transaksi online kita aman dari tindak kejahatan termasuk penipuan online.

Terkait pertanyaan ini bitcoin Indonesia mengeluarkan penjelasan bahwa sistem ini (Bitcoin) telah direview oleh berbagai kalangan. Setiap data transaksi masa lampau di semua peer di seluruh jaringan harus berurutan. Setiap transaksi baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer kemudian barulah dinyatakan valid atau tidak valid.

Oleh karena itu jika pertanyaannya terkait pada sistem dari Bitcoin itu sendiri, maka jawabannya sistem Bitcoin aman. yang tidak aman adalah pengguna dan money exchanger.

Sama persis seperti password internet banking dimana hacker bisa mencuri data atau sejumlah uang kita apabila komputer terserang atau terjangkit virus yang memang sengaja dibuat oleh hacker untuk mencuri data dan informasi di dalam komputer kita.

Selain itu metode transaksi bitcoin dikenal bersifat irreversible atau sekali melakukan transfer maka tidak dapat dibatalkan, dan transaksi yang dilakukan bersifat anonim dimana penerima bitcoin tidak akan pernah tahu siapa yang mengirimkan bitcoin kepadanya.

Sehingga bila nanti terjadi modus penipuan, kita tidak dapat berbuat apa-apa! Bitcoin yang dikirimkan tidak dapat dibatalkan termasuk identitas penerima tidak akan diketahui tidak seperti nomor rekening bank seseorang yang bisa diidentifikasi nama dan identitasnya.

Artinya jika terkena tipu maka harus ikhlas dan pasrahkan semuanya yang sudah terlanjur…

Berikut beberapa Fitur yang dimiliki Bitcoin yang dapat anda telaah dan simpulkan sendiri terkait sistem dan keamanannya.

  1. Transfer instant secara peer to peer.
  2. Transfer ke mana saja
  3. Biaya transfer sangat kecil.
  4. Transaksi bersifat irreversible, artinya sekali ditransfer tidak bisa dibatalkan.
  5. Transaksi bitcoin bersifat anonim.
  6. Bitcoin tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintah apapun.
  7. Jumlahnya terbatas

Lantas Apa saja Manfaat dari BitCoin?

Jika pertanyaan di atas terkait dengan Bitcoin sebagai mata uang virtual atau mata uang digital. Maka ada beberapa manfaat yang dapat diperoleh jika kita memiliki BitCoin.

  1. Mempermudah Transaksi Online terutama yang menyediakan jasa Jual/Beli dengan Bitcoin
  2. Berfungsi di mana saja, selama kita masih dapat mengakses internet
  3. Sistem Pembayaran Internasional dengan Mata Uang yang tidak terbatas hanya pada negara tertentu. Kecuali China dan Singapura.
  4. Sistem Pembayaran Mudah dan Cepat
  5. Tidak dikontrol oleh lembaga atau pemerintahan apa pun alias semua adalah tanggung jawab pemain Bitcoin
  6. Melindungi Identitas kita, sebab transaksi dilakukan secara anonim.

Sementara jika pertanyaan tersebut berkaitan dengan bitcoin sebagai asset digital atau koin digital yang memiliki harga yang fantastis, maka beberapa manfaat bitcoin diantaranya:

  1. Asset Digital jangka panjang (Tiap tahun harganya terus meningkat)
  2. Bisa disimpan dan diperjual belikan untuk mendapatkan keuntungan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Bitcoin?

Pada umumnya ada tiga cara untuk mendapatkan Bitcoin. Pertama melakukan trading /jual beli bitcoin sudah dijelaskan di atas dan kedua bermain bitcoin melalui layanan yang menyediakan pembagian bitcoin gratis baik dengan game atau layanan web penyedia bitcoin melalui faucet atau penambangan bitcoin secara instan tanpa menggunakan peralatan komputer yang canggih.

Untuk sobat yang baru mulai menggunakan Bitcoin dapat mengunjungi salah situs berikut untuk mulai mengumpulkan Bitcoin gratis melalui metode Faucet.

  • FreeBitco.in (masih membayar) hingga tahun 2021 (BTC) - Direkomendasikan! (Waktu klaim bitcoin / faucet setiap 24 menit sekali).

Caranya adalah silakan daftar akun freebitcoinlalu masukkan Bitcoin Address anda dari Indodax. Kemudian lakukanlah Claim Bitcoin untuk mulai mengumpulkan Bitoin melalui faucet di freebitcoin.

Nantinya bitcoin yang sudah terkumpul dapat ke dompet bitcoin Anda yang ada di Indodax. Kemudian dijual untuk menjadi rupiah dan diuangkan.

Belum punya dompet atau alamat bitcoin di Indodax. Silakan buat wallet address indodax terlebih dahulu

Baca: Cara Membuat Bitcoin Addres atau Bitcoin Wallet Indonesia di Indodax

Demikian postingan admin kali ini mengenai apa itu bitcoin, manfaat dan bagaimana menggunakannya menjadi asset digital.

Sekian, semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "Apa itu Bitcoin dan Apa Manfaatnya?"