Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Template Blog Premium dan Gratis (Free)

perbedaan template blog premim dan gratis

Desain sebuah template blog sangat berperan penting dalam menggambarkan karakter, tujuan, dan topik dari sebuah blog. Apalagi jika template tersebut menyediakan antarmuka yang menarik bagi pengunjung, bersifat responsive, ringan, serta memiliki optimasi SEO yang baik.

Tentu ini akan menjadi sebuah nilai tambah bagi blog di mata para pengunjungnya dan di mata mesin pencari. Saat ini template blog yang banyak diincar oleh para blogger khususnya yang mengelola website blog adalah template-template web yang biasanya memiliki antarmuka yang bersih, rapi, dan didominasi dengan warna cerah dan tidak terlalu kontras.

Ini dikarenakan template yang responsive, ringan, serta memiliki optimasi SEO yang baik akan berpengaruh bagi kelangsungan dan perkembangan blog, terutama di mata mesin pencari sehingga mudah muncul pada pencarian google ataupun mesin pencari lainnya.

Oleh karena itu, membangun konten atau artikel yang berkualitas akan menjadi magnet yang dapat menarik pengunjung mampir ke blog kita. Begitu pula dengan navigasi blog yang jelas, mudah dipahami dan ramah untuk pengunjung.

Oleh karena itu memilih atau mendesain template sesuai dengan karakter blog serta kebutuhan pengunjung menjadi sebuah pertimbangan yang perlu dipikirkan oleh setiap pengelola blog. Diantara teman pembaca mungkin ada yang sedang bertanya-tanya, sebaiknya jenis template blog seperti apa yang saya gunakan di blog?

Hal ini adalah pertanyaan umum yang sering dilontarkan oleh blogger pemula termasuk saya. Banyak cara yang dapat ditempuh untuk memiliki template blog yang sesuai dengan selera dan karakter blog yang diinginkan.

Pertama adalah dengan mendesain template blog secara mandiri, Kedua mencari template-template blog gratisan di internet, Ketiga membeli template blog premium atau membayar jasa seseorang untuk mendesain template blog kita.

Diantara ketiga cara di atas! Khususnya bagi pengguna blog, banyak yang memilih cara kedua sebagai solusi nomor wahid, yakni membeli template blog premium yang sudah siap digunakan. Hal ini dikarenakan dengan membeli template premium kita sudah mendapatkan template blog yang di optimasi SEO, memiliki antar muka yang rapi dan responsif tanpa perlu repot mendesain sendiri, dll.

Selain itu, beberapa mungkin saja memilih menggunakan template blog hasil modifikasi tetapi yang dibagikan secara gratis. Meski beberapa tampilan dan responsifitas blog terkesan sama. Beberapa struktur blog gratisan umumnya belum secara maksimal dioptimasi untuk SEO.

Baca Juga:

Dari permasalahan-permasalahan tersebut muncul pertanyaan di benak kita. Apa sebenarnya perbedaan yang dimiliki template blog premium dan yang gratisan? Berikut ini, kami akan mengulas nya secara sederhana terhadap perbedaan kedua jenis template ini.

Perbedaan Template Blog Premium dan Template Gratis

1. Dilihat dari Sisi Komersil

Template blog gratis adalah template blog yang bisa kita dapatkan secara cuma-cuma dan semua orang dapat memilikinya. Sementara Template Blog Premium untuk mendapatkannya kita perlu membelinya terlebih dahulu kepada pembuatnya.

Untuk mencari template-template premium dan gratis silakan saja anda mencarinya di internet, atau mengunjungi web/blog yang menyediakan Template-template Blog Premium dan Gratis seperti “SUGENG.ID, BUNGFRANGKI.COM.” Dll.

2. Dilihat dari Kelengkapan Struktur Kode

Pada dasarnya template blog premium memiliki perbedaan struktur kode mengenai Optimasi SEO di Mesin Pencari (Search Engine). Biasanya Template Premium yang memiliki kelengkapan struktur kode HTML/CSS Handal ketimbang Template Blog yang gratisan.

3. Credit Link Pada Footer Template

Credit Link pada Footer Template biasanya dapat kita temukan di bawah template dan berisi informasi pembuat template tersebut.

Pada Template Versi Gratis Credit Link tersebut tidak boleh dihapus atau diganti sebab template tersebut merupakan hasil karya dan merupakan Hak Cipta dari pembuatnya. Sementara untuk versi Premium Credit Link tersebut dapat dihapus atau diganti sesuai keinginan kita.

4. Dilihat dari Penggunaannya

Template Blog Premium biasanya hadir dalam Edisi Langka, Sehingga memiliki sedikit penggunaannya ketimbang template blog gratisan.

Demikian postingan kali ini mengenai Perbedaan Template Blog Premium dan Gratis. Menurut Anda template manakah yang cocok digunakan untuk blog? Silakan sampaikan pendapat anda melalui kotak komentar di bawah ini.

Sekian semoga bermanfaat. SALAM dan Terima Kasih.

2 komentar untuk "Perbedaan Template Blog Premium dan Gratis (Free)"

  1. Kalau dari sisi trafik menggunakan trafik premium seperti apa gan, terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau berbicara menggunakan trafik premium berarti membutuhkan dana untuk mendatangkan trafik. Seperti mempromosikan web melalui iklan, atau menggunakan tools premium umumnya pada blog yang menggunakan wp.og. Untuk blogger[dot]com optimasi trafik salah satunya adalah menggunakan template blog premium. Sementara untuk trafik normal berarti harus membangun optimasi SEO untuk blog dan artikel blog...

      Hapus