Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Jenis Niche YouTube Populer Yang Hasilkan Cuan

niche youtube populer

Topik atau pemilihan niche YouTube yang tepat merupakan salah satu faktor penting yang membuat saluran YouTube memiliki banyak views atau pengunjung sehingga video-video YouTube yang dibuat bisa sukses dan mendatangkan pundi-pundi penghasilan.

Banyak YouTuber pemula yang mungkin masih bingung untuk menentukan niche YouTube apa yang akan ia kembangkan di Kanal YouTube miliknya. So, bagi Anda yang sedang mencari jenis niche yang cocok untuk Anda kembangkan.

Semoga ulasan sederhana kami mengenai jenis-jenis niche YouTube populer ini, bisa menjadi sumber inspirasi yang baik dan bermanfaat.

Pengertian Niche YouTube

Secara sederhana niche YouTube dapat artikan sebagai sebuah topik utama yang menjadi pembahasan dan fokus Anda ke depan dalam membangun Kanal YouTube Anda menjadi sukses. Dalam situs monetisasivideo.blogspot.com menjelaskan yang dimaksud dengan niche YouTube adalah konten berupa video khusus yang membahas topik tertentu secara spesifik dalam satu Kanal YouTube.

Sehingga jika Anda ingin membangun Kanal YouTube berdasarkan niche atau topik khusus maka Anda perlu menentukannya sedini mungkin. Sebagai contoh! Jika Anda mempunyai ketertarikan terhadap niche teknologi Anda bisa membuat Kanal YouTube khusus yang membahas informasi seperti review produk-produk gadget dan perkembangan teknologi terbaru.

Sehingga Anda bisa menyalurkan hobi Anda membahas hal-hal yang berkaitan dengan teknologi dan mendapatkan penonton yang menyukai informasi update seputar teknologi. Tidak banyak YouTuber yang membangun Kanal YouTube berdasarkan niche yang fokus.

Sehingga konten mereka di YouTube memiliki topik yang beragam sehingga membuat pengunjung tidak fokus menonton video mereka. Pun imbasnya membuat Kanal YouTube mereka lamban mendapatkan banyak subscribe (pengikut) loyal.

Baca Juga:

Mengenai penting tidaknya niche YouTube untuk membangun Kanal YouTube yang sukses, berikut dijabarkan kelebihan dan kekurangan niche YouTube untuk menjadi bahan pertimbangan Anda dalam membangun Kanal YouTube nantinya.

Kelebihan dan Kekurangan Niche YouTube

1. Kelebihan Niche YouTube

Kelebihan Kanal yang membangun konten dengan berfokus pada niche tertentu memiliki banyak manfaat. Diantaranya:

- Mendapatkan Pengunjung Setia

Kanal YouTube yang sukses biasanya mendapatkan penonton dan pelanggan setia. Penonton tipe ini biasanya akan mengikuti Kanal YouTube yang disukainya dikarenakan Kanal YouTube tersebut banyak memberikan informasi atau tontonan yang ingin diketahui maupun dinikmatinya.

Misalnya seorang yang gemar mencari video-video yang membahas seputar teknologi, maka ia akan lebih fokus mencari Kanal YouTube yang banyak membahas informasi seputar teknologi lalu mengikuti Kanal tersebut dan menjadi pengunjung setia di sana.

- Video YouTube SEO Friendly

Kanal YouTube yang mempunyai niche yang fokus akan memiliki prioritas yang baik di YouTube. Hal ini dikarenakan niche YouTube yang fokus akan memudahkan mesin pencari YouTube melakukan indexing dan crawling menjadi lebih fleksibel.

- Mudah Dikenal (Diingat)

Kanal YouTube yang fokus dengan niche khusus untuk topik video nya. Biasanya akan mudah diingat pengunjung. Sehingga jika suatu waktu mereka ingin mencari informasi yang mereka butuhkan maka mereka cukup mengetik nama Kanal YouTube yang mereka inginkan.

Kanal YouTube menjadi mudah dikenali dikarenakan niche yang dibangun bisa menjadi personal branding Kanal YouTube Anda karena memiliki topik yang fokus.

- Menjadi Saluran Referensi

Kanal YouTube yang fokus terhadap materi atau topik tertentu akan lebih dipercaya oleh penonton untuk dijadikan sebagai saluran referensi yang mereka butuhkan. Misalnya seperti Kanal YouTube yang membahas review gadget dan teknologi.

Maka penonton biasanya akan mencari informasi yang diinginkan melalui Kanal YouTube yang memiliki fokus terhadap review gadget dan teknologi sehingga mendapatkan informasi yang bermanfaat serta dibutuhkannya.

2. Kekurangan Niche YouTube

niche YouTube selain memiliki kelebihan atau manfaat seperti yang sudah diulas diatas! Adapun beberapa kekurangan dari niche YouTube . Diantaranya adalah:

- Memiliki Topik Yang Tidak Luas

Dengan membangun Kanal YouTube berdasarkan niche tertentu maka berarti kita harus siap untuk selalu membangun konten yang selalu fokus pada topik utama Kanal YouTube kita. Sehingganya kita akan tidak lebih leluasa dalam membagikan sembarang video di Kanal YouTube yang fokus terhadap niche tertentu.

- Target Penonton Berdasarkan Hobi

Jika kita membangun Kanal YouTube dengan niche gaming? biasanya penonton yang didapatkan adalah mereka yang memiliki ketertarikan dengan gaming. Begitupun jika Kanal YouTube yang dibangun terkait photography maka penonton Anda adalah mereka yang menyukai photography atau ingin belajar photography.

Artinya penonton yang didapatkan adalah dari mereka yang memiliki hobi atau ketertarikan sesuai dengan niche yang dipilih.

- Penting untuk Mengupload Video Sesering Mungkin

Membuat Kanal YouTube berdasarkan niche tertentu mengharuskan kita untuk selalu rajin mengupload video secara berkala sehingga tidak kehilangan penonton.

Hal ini dikarenakan banyak dari penonton setia Kanal YouTube kita akan selalu menunggu video terbaru dari Kanal YouTube yang kita bangun berdasarkan niche tertentu.

Jenis Niche YouTube Populer

Berikut pilihan niche populer yang bisa Anda coba dalam membangun Kanal YouTube Anda:

1. Niche YouTube Informatif Selayaknya Berita

Berita selalu menjadi perbincangan hangat setiap hari karena setiap hari pasti ada saja berita yang bikin heboh dan geger. Oleh karena itu niche YouTube yang menyajikan berita sangat diminati oleh banyak orang. Umumnya niche seperti ini dijalankan oleh program Televisi.

Meski demikian Anda bisa saja membuat video reportase Anda sendiri. Terlebih jika Anda adalah anak komunikasi atau jurnalis. Namun ada banyak hal yang perlu Anda pertimbangkan untuk mengangkat dan membuat niche YouTube berita (news).

Diantaranya: Saingannya berat! Banyak media besar yang juga membuat konten seperti ini dan jika Anda belum terkenal dan terpercaya maka akan sulit mendapatkan pelanggan untuk mengikuti video yang Anda buat.

Meski demikian ada cara untuk meminimalisir hal tersebut. Yakni Anda tidak perlu membuat konten reportase seperti yang dilakukan media pertelevisian. Anda bisa menciptakan konten yang unik dan segar dan tidak pernah di bahas dalam berita.

Intinya kita hanya membuat konten video YouTube menyerupai berita namun memiliki isi yang berbeda dengan berita. Seperti video-video unik yang dibuat oleh Kanal YouTube calon sarjana:

2. Niche Tutorial

Membuat Tutorial atau Video How-To adalah salah satu niche yang cukup bagus untuk membangun Kanal YouTube Anda. Hal ini dikarenakan video tutorial adalah video panduan bagi seseorang dalam membuat sesuatu. Cara ini diibaratkan Anda adalah instruktur dan guru yang memberikan contoh dan penonton Anda adalah orang yang akan menyimak apa yang Anda contohkan.

Contoh video How-To (Tutorial) diantaranya: Tutorial Editing video, Tutorial Edit Foto, Tutorial Hijab, Tutorial Sains, Tutorial Membuat Musik, Tutorial Main Gitar, dan masih banyak lagi jenis video How To ini.

Jadi, jika Anda memiliki beberapa keahlian di bidang apa saja, dan ingin membagikan ilmu Anda tersebut. Maka, membuat video How-To adalah salah satu cara yang bisa Anda manfaatkan.

Contoh video How-To dapat dilihat pada video berikut:

3. Niche Gaming (Cocok untuk Gamer)

Anda pernah mendengar nama Pewdiepie atau JessNoLimit? Yah mereka adalah YouTuber gaming dengan pendapatan dari YouTube cukup besar. Anda bisa mendapatkan uang dari YouTube seperti yang dilakukan Pewdiwpie dan JessNoLimit.

Caranya adalah Anda hanya perlu bermain Game tertentu! Umumnya adalah Game-game populer, kemudian permainan tersebut direkam menggunakan perekam desktop dan kamera. Setelah itu, hasil permainan yang sudah direkam selanjutnya diedit supaya makin ciamik dan selanjutnya dapat Di upload ke YouTube.

Selain itu, manfaat dari YouTuber gaming adalah kita dapat menjadi seorang reviewer game. Jika sudah seperti ini. Maka kemungkinan besar akan banyak perusahaan gaming yang menyewa jasa Anda untuk me review game-game serta produk mereka termasuk mencoba game-game mereka yang bahkan belum pernah dimainkan orang lain.

Dengan begini selain mendapatkan penghasilan online dari YouTube Anda akan mendapatkan tambahan dana dari jasa review Anda terhadap game-game populer yang ditawarkan banyak perusahan gaming.

Contoh video YouTube dengan niche gaming dapat dilihat seperti pada video berikut:

4. YouTube Review Gadget

Jika Anda sangat menyukai dan hobi melakukan review terhadap sebuah produk aplikasi, smartphone, gadget, kamera, dll. Maka potensi ini bisa Anda kembangkan untuk membangun channel YouTube review.

Orang-orang saat ini sebelum membeli sebuah produk seperti smartphone, gadget, dan kamera, Biasanya akan lebih banyak meluangkan waktu mereka untuk mencari review terhadap keunggulan dan kekurangan produk yang akan mereka beli nantinya.

Berikut contoh video review produk teknologi:

5. YouTube Vlog Komedi

Selain beberapa hal di atas! niche YouTube komedi ternyata masih menjadi video yang paling banyak dicari dan paling banyak disukai penonton YouTube. Hal ini dikarenakan video komedi adalah video yang dapat memberikan kebahagiaan bagi penontonnya serta mampu mengurangi dan menghilangkan stres.

Jadi, jika Anda memiliki keahlian berkomedi mungkin Anda bisa manfaatkan keahlian itu untuk membagikan video-video lucu kepada banyak orang dan membantu mereka untuk tetap tertawa bahagia mengisi riuk pikuk kehidupan mereka.

Berikut Contoh niche YouTube Vlog Komedi dari Kanal YouTube Mael Lee Bukan Kaleng-kaleng.

6. Vlog Musik

Anda suka bermain musik? atau memang Anda adalah seorang musisi? punya banyak lagu? Tapi saat ini masih berpikir terkenal hanya apabila diterima oleh perusahan produksi musik?

Sekarang buang pikiran itu jauh-jauh. Sebab, hanya dengan memanfaatkan media YouTube Anda telah dapat menampilkan lagu-lagu Anda sendiri kepada banyak penonton dan apabila lagu-lagu tersebut menarik, bagus dan berkualitas. Maka jangan kaget jika suatu saat Anda malah mendulang ketenaran dan mendulang prestasi.

Jadi, jangan takut untuk menjajal keahlian Anda. Bagikan video musikmu ke YouTube dan biarkan penonton yang menilai karyamu.

7. YouTube Vlog Ceramah

Membuat Kanal YouTube dengan niche ceramah dapat Anda lakukan jika fokus Anda adalah sebagai orang-orang yang ingin mencari berkah dengan berbagi video-video ceramah agama. Video-video ceramah agama saat ini memiliki tingkat popularitas yang tinggi serta memiliki banyak penonton.

Namun satu hal yang pasti meski nantinya kita bisa mendapatkan uang melalui berbagi video YouTube dengan pilihan niche ceramah. Sebaiknya kita tidak perlu melulu hanya mencari uang nya saja. Sehingga melupakan niat ibadah dari berbagi kepada sesama.

Berikut salah satu contoh video YouTube niche ceramah oleh ustadz Abdul Somad yang dipublikasikan Kanal YouTube FSRMM TV:

8. Topik Diet dan Kesehatan

Bagi Anda yang memiliki gaya hidup sehat, ingin membagi tips kesehatan dan diet maka niche ini dapat Anda pilih. Terlebih apabila Anda memiliki keahlian di bidang ini maka tentunya video-video yang Anda buat di YouTube akan memiliki tingkat kepercayaan yang baik.

9. Video Challenges

Challenges atau tantangan merupakan salah satu jenis video YouTube yang dibuat untuk menjalankan salah satu tantangan yang bermanfaat untuk pembuat video. Misalnya membuat video challenges diet dalam 30 hari untuk mendapatkan bentuk tubuh ideal dan lain sebagainya.

10. DIY Video

DIY Video atau video kreasi atau video kreativitas merupakan salah satu niche video yang cukup populer. Jenis video ini memiliki kalangan penonton yang lebih luas dari kategori usia maupun jenis kelamin. Sehingga sangat tepat jika menjadi salah satu niche untuk mengembangkan Kanal YouTube Anda.

Selain itu, jenis konten DIY Video sangat luas. Anda dapat mengembangkan konsep ini sesuai minat dan hobi yang ditekuni. Misalnya DIY Video dalam pertanian seperti berikut:

Sementara jika Anda memiliki keahlian di bidang elektronika, konten video seperti berikut juga merupakan salah satu yang dapat dikembangkan untuk Kanal YouTube Anda.

Jadi mengenai pemilihan Niche YouTube yang fokus terhadap konten tertentu akan lebih baik jika semua itu dilakukan berdasarkan apa yang Anda sukai. Demikian ulasan kami mengenai jenis Niche YouTube populer yang menjanjikan dan dapat menghasilkan uang.

Posting Komentar untuk "10 Jenis Niche YouTube Populer Yang Hasilkan Cuan"