Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Secara Optimal

Menjadi seorang blogger sekaligus sebagai publisher google adsense untuk konten blog pasti menjadi sebuah profesi yang membanggakan bagi beberapa orang yang telah menetapkan dirinya sebagai seorang internet marketer dan mendulang pundi-pundi dolar maupun rupiah secara online melalui internet dengan memanfaatkan blog dan google adsense.

Bagi seorang blogger yang sudah professional nampaknya alternatif mendapatkan uang dengan memanfaatkan blog tidak hanya melulu soal google adsense. Sebab ada banyak sekali metode yang dapat dicoba untuk mendulang uang secara online seperti menjalankan bisnis afiliasi marketing, menjual produk: template, tools, skrip, hingga ebook dan masih banyak lagi.

Namun, bagi blogger yang satu-satunya metode mendulang uang online dengan hanya mengandalkan google adsense untuk konten blog pasti memiliki banyak pertanyaan dan keresahan. Terutama mengenai jumlah klik adsense yang tidak memuaskan bahkan mendapatkan nilai yang sangat kecil sehingga tidak bisa mencapai gajian per bulan dari adsense.
Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Semaksimal Mungkin
cara meningkatkan penghasilan google adsense
Oleh karenanya alternatif yang bisa dikerjakan adalah pastinya mencari tahu cara meningkatkan penghasilan Adsense, supaya nantinya mendapatkan penghasilan yang memuaskan dan kalau beruntung bisa gajian tiap bulan dari google adsense.

Beberapa hal yang dapat kita kerjakan untuk memaksimalkan pendapatan google adsense untuk blog di antaranya dengan cara:

1. Meningkatkan Jumlah Klik Adsense

Meningkatkan jumlah klik Adsense adalah syarat mutlak untuk mencapai pendapatan adsense menjadi meningkat. Meski demikian kita dilarang untuk melakukan klik iklan sendiri sebab hal tersebut melanggar Tos adsense. Jika hal ini dilakukan maka akun adsense yang menjadi sumber pendapatan kita akan terkena blacklist hingga banned.

Selain itu, meningkatkan klik adsense dengan menyuruh teman juga merupakan tindakan yang berbahaya. Sebab jika terdeteksi sebagai invalid klik atau klik tidak sah maka klik tidak akan dihitung. Bila kejadian seperti ini terus berulang dan dilakukan secara berkala bisa membahayakan akun adsense di-banned dan pendapatan yang tersimpan menjadi hangus.

Oleh karenanya meningkatkan klik adsense sebaiknya jangan pernah mencoba cara curang bermain adsense demi meningkatkan pendapatan kita.

Hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan jumlah klik adsense adalah dengan mengusahakan blog mendapatkan banyak kunjungan.

Sehingganya tantangan terbesar seorang blogger yang mencari mendapatan melalui google adsense adalah mengupayakan berbagai cara untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blognya.

Baca juga: Penyebab Blog Susah Dicari di Google

Jadi untuk mendapatkan banyak klik adsense, bukan berarti kita melakukan klik iklan sendiri atau menyuruh orang lain. Melainkan caranya adalah dengan meningkatkan jumlah kunjungan ke blog kita.

2. Menaikan BPK Adsense

BPK adsense adalah istilah adsense mengenai (Biaya Per Klik). Biaya Per Klik inilah sebenarnya yang menentukan besar kecilnya penghasilan kita sebagai blogger yang menggunakan layanan periklanan dari google adsense.

Nilai BPK yang diberikan oleh iklan berbeda-beda, ada yang besar ada yang kecil semua itu tergantung pihak pengiklan akan memangkas biaya iklan yang dibuatnya di google dengan berapa biaya per klik-nya.

Umumnya di Indonesia nilai BPK ini sangat kecil, beda dengan di luar negeri. Makanya tidak mengherankan banyak blogger yang berpikir untuk terjun dan membangun blog bule atau blog berbahasa inggris agar mendapatkan pembaca luar negeri dan iklan-iklan yang berasal dari negara tersebut.

Penyebab utama yang membuat Biaya Per Klik menjadi lebih murah biasanya terjadi karena smartpricing akibat google adsense mendeteksi banyak terjadinya invalid klik pada akun adsense kita. So berhati-hatilah meng-klik iklan sendiri apalagi menyuruh orang lain meng-klik iklan kita yang berimbas terjadinya invalid klik yang banyak.

Satu dua kali invalid klik tidak terlalu bermasalah, namun jika terjadi berulang akun adsense anda akan terkena dampak smart pricing yang bisa menurunkan nilai BPK Adsense anda menjadi sangat minim di kisaran $0,01 - $0,02 per klik iklan.

Padahal normalnya biaya per klik iklan di indonesia bisa berkisar $0,03 - $0,08 setara dengan 300 hingga 800 rupiah setiap per klik iklannya.

Biaya per klik iklan tersebut masih bisa meningkat dengan meningkatnya BPK Adsense kita. Peningkatan BPK sangat berkaitan erat dengan kualitas konten yang dibangun di blog, jenis niche atau topik yang dipilih serta artikel-artikel blog mengulas informasi Bisnis, Gadget dan Teknologi.

Untuk blog umum, mungkin bisa mengatasinya dengan melakukan blokir iklan adsense yang memiliki BPK rendah pada akun adsense yang anda miliki.

Bagaimana pun penyebab utama meningkatnya BPK Adsense adalah kualitas konten dan materi yang dibahasnya. Termasuk popularitas dari sebuah blog atau website yang mudah ditemukan pengunjung melalui mesin pencari.

Jadi meningkatkan BPK Adsense bisa dimulai dengan membuat artikel-artikel blog yang memiliki potensi BPK yang tinggi seperti artikel tekno, bisnis dan review gadget atau dengan memblokir iklan BPK rendah pada akun google adsense anda serta dengan membangun popularitas blog di mata mesin pencari.

3. Gunakan Template Blog yang Responsif dan SEO 

Penggunaan Template Blog yang responsif sebenarnya memiliki manfaat besar dalam memberikan kenyamanan bagi pembaca blog. Dimana mereka akan merasa nyaman membaca artikel di blog karena memiliki typografi yang rapih.

Selain itu susunan template blog yang responsif biasanya akan memberikan penempatan iklan di dalam blog menjadi lebih rapih sehingga tidak mengganggu pembaca blog menikmati artikel yang dibacanya di blog.

Dengan begitu blog akan menjadi lebih ramah, dan pembaca bisa berlama-lama di blog termasuk pada suatu kondisi akan mengarahkannya ke iklan yang terpasang di blog kita.

Sementara template blog yang sudah mendukung atau telah dioptimasi untuk kebutuhan SEO sangat berperan penting dan berpengaruh untuk membangun popularitas blog supaya mudah muncul di mesin pencari dengan beberapa optimasi tambahan seperti mendaftarkan blog ke google web master, atau melalui bing web master.

4. Tempatkan Iklan di Dalam Postingan Blog

Pada tahun 2016 hingga tahun 2018 sekarang pengguna internet sudah banyak yang mengakses internet menggunakan smartphone. Sehingga konten yang umum di baca oleh pengguna internet saat ini yang rata-rata nya telah menggunakan smartphone akan membaca informasi blog yang berkaitan dengan artikel saja.

Jadi dengan menempatkan iklan di dalam postingan blog, dipandang sebagai strategi jitu untuk mengundang klik pembaca yang kebetulan mampir ke blog dan membaca artikel yang kita tulis di sana.

Iklan yang dapat dipasang di dalam postingan bisa dikombinasikan dengan iklan link, text, maupun ikan banner. Dengan penempatan bisa di bawah judul postingan, tengah artikel hingga di akhir artikel blog.

5. Tingkatkan Pengunjung Blog Yang Berasal dari Mesin Pencari

Pada poin di atas saya sudah menyebutkan bahwa untuk meningkatkan penghasilan Adsense bisa dilakukan dengan meningkatkan pengunjung ke blog sehingga potensi klik iklan akan semakin meningkat.

Namun selain anda melakukan sharing artikel melalui media sosial secara wajar dengan tidak melakukan tindakan spam. Anda perlu melakukan banyak hal untuk meng-optimasi blog, serta artikel anda dengan SEO sehingga blog dan artikel bisa mendapatkan banyak kunjungan yang datang dari mesin pencari.

Pengunjung yang datang dari mesin pencari ke blog anda biasanya akan mendapatkan tayangan iklan adsense yang relevan dengan informasi yang diinginkannya. Potensi tersebutlah kemudian yang bisa memberikan peluang besar mendapatkan klik iklan dengan BPK yang cukup lumayan untuk meningkatkan penghasilan Adsense blog.

1 komentar untuk "Cara Meningkatkan Penghasilan Adsense Secara Optimal"