Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pedoman Dalam Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula

Artikel adalah sebuah karangan pendek yang terdiri mulai 300 hingga 1000 kata atau lebih. Umumnya membahas tema dan topik-topik tertentu sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai oleh penulisnya dalam menyampaikan ide dan gagasan berdasarkan realitas yang ada.


Cara menulis artikel maupun membuat artikel blog sama sekali tidak memiliki perbedaan yang sangat mencolok. Sebab pada umumnya menulis artikel ilmiah, menulis artikel blog, menulis novel, menulis cerpen, menulis berita, dan menulis artikel di koran. Semuanya memiliki metode yang sama.

Hanya saja beberapa penulis mungkin memiliki cara tersendiri yang dapat diterapkan sebagai tips menulis atau membuat artikel.

Dalam postingan kali ini saya akan membagikan beberapa cara dan aturan yang harus diperhatikan dalam menulis artikel blog. Cara ini tidak hanya dapat dilakukan sebagai metode menulis artikel blog saja. Tetapi dapat diterapkan sebagai metode penulisan artikel secara umum.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat artikel blog diantaranya:

Penting Mengetahui Ciri-Ciri Sebuah Artikel

Artikel merupakan tulisan pendek yang menyajikan sebuah informasi berupa fakta atau konsep tertentu dari seseorang yang diulas untuk menyampaikan realitas yang ada. Oleh karenanya sangat penting dalam membuat artikel blog kita memperhatikan ciri-ciri dalam sebuah artikel seperti:
  • Memiliki isi yang bersumber pada fakta (telah disebutkan di atas)
  • Berisi tulisan ringkas tetapi memiliki bahasan yang jelas, padat, dan tuntas.
  • Bersifat faktual mengungkapkan data yang benar-benar diketahui oleh penulisnya
  • Isi artikel dapat berupa pemaparan yang beragam. Argumentasi, Kisah Perjalanan, Biografi Tokoh, Riset, Berita, dll
  • Informasi yang ditulis dalam artikel umumnya harus menyangkut kebutuhan pembacanya. 

Mengapa kita perlu mengenal ciri-ciri dalam sebuah artikel?

Menulis artikel tidak hanya dengan memperhatikan ciri-ciri umum sebuah artikel. Melainkan harus konsisten dan selalu berusaha untuk menyampaikan gagasan secara bebas.

Baca Juga: Cara Kreatif Menemukan Ide Menulis Blog

Berikut ada beberapa langkah yang secara umum digunakan sebagai tahapan dalam menulis atau membuat artikel:

Tahapan Menulis Artikel Di Blogger (Khusus Pemula)

1. Menentukan Tema

Tema sebuah artikel haruslah spesifik dan menarik untuk dibaca. Jadi menulis artikel harus memperhatikan kebutuhan pembaca.

2. Tujuan Penulisan

Membuat artikel apalagi mengenai artikel blog, kita harus menentukan tujuan dan sasaran yang akan dicapai. Hal ini harus selalu disesuaikan dengan topik atau tema yang ada di dalam blog. Sehingganya topik yang dibahas harus menyangkut kebutuhan pembaca dan tidak melebar.

3. Merumuskan Ide atau Gagasan

Merumuskan ide atau gagasan dalam sebuah artikel dapat disusun berdasarkan sebuah pertanyaan layaknya artikel wawancara.

Hal ini akan lebih menarik bagi pembaca dalam mengikuti artikel dari tulisan yang dibuat. Khusus pada artikel deskripsi dan narasi rumusan ide dan gagasan tidak ditampilkan secara tersurat melainkan tersirat dalam pembahasannya.

4. Membuat Kesimpulan

Kesimpulan dalam artikel adalah hasil dari seluruh pembahasan dalam artikel yang ditulis kemudian disusun sebagai sebuah kesimpulan yang menjadi dasar dan permasalahan-permasalahan inti yang perlu diingat dan digaris bawahi.

Di atas adalah beberapa pembahasan umum yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel, Lantas bagaimanakah cara dan aturan membuat artikel blog?

Pada dasarnya penulisan atau membuat artikel blog tidak memiliki perbedaan dengan metode dan cara yang telah disuguhkan di atas.

Hanya saja ada beberapa aturan yang tidak boleh dan sangat dianjurkan kepada tiap blogger dalam penulisan artikel selalu dan usahakan tidak mencantumkan hal-hal berikut ini:

Jenis Konten yang Perlu Dihindari Blogger

1. Konten Berisi Sara dan P*rn*grafi

Konten berisi SARA dan P*rn*grafi sangat tidak dianjurkan dalam penulisan artikel blog. Sebab jenis artikel seperti ini tidak memiliki manfaat bagi pembacanya. Terutama jika dilihat berdasarkan nilai edukasinya.

2. Merupakan Hasil Copas dan Bukan dari Hasil Tulis dan Kreatifitas Sendiri

Menulis bukanlah sebuah perkara yang sulit juga tidak mudah, butuh keuletan dan kesabaran untuk menjadi seorang penulis yang handal.

Oleh sebab itu menjadi seorang yang membuat artikel blog dari hasil copas adalah salah satu ciri yang menentukan bahwa kita tidak layak menjadi seorang penulis blog. Hal ini akan merusak citra dan nama kita.

Selain itu kita akan memperoleh dosa dari kegiatan-kegiatan yang tidak halal. Sebab copas artikel adalah bentuk dari kejahatan pencurian konten.

Jadi manfaatkanlah kemampuan dan keahlian sendiri, menjadi pribadi yang positif dan bertanggung jawab dalam membuat artikel blog. Menulislah dengan bahasa dan gaya sendiri, tidak melakukan pencurian konten dan hal-hal negatif lainnya.

Insya Allah. Kita akan memperoleh banyak ilmu yang akan didatangkan oleh Maha Pemberi kepada kita.

Demikian Semoga Postingan Cara dan Aturan Membuat Artikel Blog yang dibagikan kali ini berkenan dan bermanfaat untuk sobat pembaca. Sekian dan Terima Kasih.

Referensi:
www.caramenulisbuku.com, dan www.seputarpengetahuan.com.

Posting Komentar untuk "Pedoman Dalam Membuat Artikel Untuk Blogger Pemula"